Health

Begini Cara Alami Menyingkirkan Karang Gigi Efektif

Karang gigi menjadi suatu masalah yang sering disepelekan kebanyakan orang. Padahal, karang pada gigi ini dapat memicu penyakit, hingga kerusakan gigi permanen. Karenanya, Anda harus menyadari pentingnya membersihkan karang gigi secara rutin. Ketika mulut Anda sehat, makanan yang masuk ke dalam mulut juga terjamin kebersihannya. Lantas, bagaimana cara membersihkannya? Berikut ulasannya:

1. Soda Kue

Soda kue atau baking soda menjadi cara menghilangkan karang gigi yang aman karena dapat membersihkan karang gigi tanpa merusak email gigi. Sebuah penelitian menyebutkan, pasta gigi yang mengandung soda kue akan lebih efektif untuk mengurangi jumlah plak di dalam mulut daripada pasta gigi konvensional. 

Soda kue juga dapat melindungi gigi dari demineralisasi, yaitu proses kimia penyebab kalsium dari email gigi menghilang. Hal ini karena baking soda mengandung pH tinggi, yang membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam mulut Anda dan juga mencegah hilangnya enamel gigi. 

Cara membersihkan karang gigi ini cukup efektif karena mempunyai sifat antimikroba yang bisa mencegah terjadinya kerusakan gigi. Bahkan dalam penelitian yang lain, soda kue secara signifikan dapat mengurangi jumlah Streptococcus mutans. 

2. Cuka Putih

Cairan asam asetat ini sangat efektif membunuh bakteri dalam mulut dan mencegah infeksi. Cara penggunaannya juga mudah, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan cuka putih ke dalam setengah cangkir air hangat, dan tambahkan satu sendok garam lalu aduk sampai merata. Gunakanlah untuk kumur sehari sekali secara teratur. 

3. Daun dan Buah Jambu Biji

Perpaduan daun dan buah jambu biji ini ternyata sangat efektif untuk membersihkan karang gigi. Caranya, silahkan cuci beberapa lembar daun jambu biji, kunyah sampai halus dan buang. 

Anda juga bisa makan jambu biji mentah dengan ditaburi sedikit garam di atasnya yang bermanfaat untuk meredakan masalah gusi lantaran mempunyai sifat anti-inflamasi. Cara ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi Anda ketika sariawan menyerang.

4. Kumur Dengan Minyak Kelapa

Jika Anda memiliki stok minyak kelapa murni di rumah, cobalah memanfaatkan bahan tersebut sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi. Minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat yang bisa membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5 hingga 10 menit secara rutin.

5. Rajin Menyikat Gigi

Menyikat gigi secara teratur termasuk salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Sikatlah gigi Anda sebanyak dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. 

Sebaiknya sikat gigi dilakukan selama dua menit dengan sikat yang menjangkau seluruh permukaan gigi di dalam mulut dari bagian kanan, kiri, depan, dan belakang.

6. Bersihkan dengan Benang

Melakukan pembersihan lebih detail dengan memakai benang gigi dapat membantu membersihkan plak yang terletak di sela-sela gigi Anda. Apalagi, benang bisa menjangkau sela-sela gigi yang tak dapat dijangkau oleh sikat gigi. 

Anda dapat melakukan cara ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal. 

7. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Memperbanyak makan buah dan sayuran akan membantu tubuh Anda meningkatkan produksi air liur. Air liur sendiri memiliki manfaat untuk membilas kotoran, sisa-sisa makanan, hingga bakteri di dalam mulut. 

Itulah cara menyingkirkan karang gigi secara alami yang bisa dilakukan dengan hasil efektif. Semoga bermanfaat.