Health

Ketahui Manfaat Veneer Gigi dan Efek Sampingnya

Belum lama ini, veneer gigi tengah menjadi topik hangat dalam dunia kecantikan yang kerap diperbincangkan. Veneer gigi dapat memperbaiki struktur gigi Anda, menambah percaya diri dan membuat tampilan senyum Anda lebih mempesona. Maka, tak heran banyak orang menginginkan untuk memasang Veneer. Padahal, setiap manfaat selalu ada efek sampingnya. Berikut ulasan selengkapnya:

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Membuat gigi Lebih Putih

Manfaat veneer gigi dikenal dapat memutihkan gigi. Bahkan lebih populer dibanding metode pemutihan gigi seperti bleaching gigi. 

Banyak yang lebih memilih menggunakan veneer gigi karena dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, sementara bleaching harus menentukan mana yang sesuai dengan bentuk gigi yang Anda miliki. 

2. Merapikan Gigi 

Veneer juga bermanfaat untuk merapikan gigi yang patah ataupun rusak dan mengatasi gigi yang tidak rapat.

Apalagi, memiliki gigi yang tidak rapi akan menimbulkan rasa tidak percaya diri ketika berbicara ataupun saat senyum. Maka, veneer menjadi solusi yang banyak digunakan. 

3. Membentuk Gigi

Banyak orang yang ingin membentuk giginya menjadi seperti gigi kelinci karena menganggap bentuk tersebut membuat senyuman lebih indah. Veneer sendiri bisa membentuk veneer gigi kelinci sesuai dengan yang Anda inginkan. 

4. Membuat Lebih Percaya Diri

Veneer dapat membuat Anda menjadi lebih percaya diri lantaran dapat mengatasi berbagai masalah gigi Anda. Mulai dari gigi yang tidak putih, gigi yang tidak rapi, gigi yang patah dan lainnya. 

Manfaat veneer mampu mengatasi masalah penyebab kurangnya rasa percaya diri tersebut, sehingga Anda menjadi lebih percaya diri setelah menggunakannya.

Efek Samping Veneer Gigi

Efek samping pemasangan veneer ini tidak selalu terjadi, dan hanya akan muncul ketika proses pemasangan tidak berjalan dengan lancar. Sebaiknya Anda memilih klinik gigi yang sudah terjamin keahliannya agar tidak merasakan efek samping berikut ini:

1. Warna Gigi Asli Tidak Merata

Berdasarkan The Journal of American Dental Association, warna veneer pada gigi tergantung pada warna dasar gigi asli Anda dan warna alami gigi menentukan warna dan jenis veneer yang akan dipasang. 

Veneer pada gigi ini bisa mengalami perubahan warna atau adanya noda di tepian gigi.karena masalah kelembaban yang terjadi saat dokter memasangkan veneer. 

2. Warna Veneer Tidak Bisa Diperbaiki Setelah Terpasang

Dokter tidak bisa memperbaiki warna veneer setelah memasangkannya di gigi Anda. Warna asli veneer biasanya bisa bertahan dalam waktu 5-10 tahun setelah pemasangan, maka pastikan Anda memasang veneer di dokter gigi yang sudah berpengalaman. 

Dengan begitu, hasilnya akan maksimal dan Anda merasa aman dan nyaman saat prosedur veneer tersebut dilakukan.

3. Gigi Menjadi Sensitif

Pemasangan veneer mengharuskan dokter mengikis enamel gigi dari permukaan gigi Anda yang bisa membuat gigi jadi sensitif. 

Jika sudah sensitif bisa menyebabkan ngilu saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin atau panas. Pada kasus lebih parah, bisa mematikan jaringan gigi karena lapisan enamel gigi terlalu banyak dikikis. 

4. Terjadi Masalah Saat Pemasangan Veneer 

Kemungkinan munculnya masalah saat proses pemasangan veneer bisa saja terjadi. Misalnya, ketika posisi lapisan veneer tidak sesuai sehingga memicu kerusakan gigi. Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya pembusukan pada bagian luar tepi veneer.

Lapisan veneer sendiri bisa berlendir atau bertekstur kasar yang menyebabkan benang gigi masuk ke tepi veneer. Hal ini membuat Anda akan sulit membersihkan gigi dan menyebabkan gusi lebih rentan teriritasi.

Itulah manfaat dan efek samping veneer gigi Semoga bermanfaat.