Health

Begini Proses Pencernaan yang Terjadi di Dalam Tubuh Kita

Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari manusia memerlukan energi yang diperoleh melalui proses pencernaan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Proses ini terjadi di dalam tubuh untuk menghasilkan beragam jenis nutrisi penting yang dibutuhkan sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik. 

Sistem pencernaan sendiri meliputi berbagai jenis organ seperti lambung, hati, empedu, pankreas hingga usus. Setiap makanan yang masuk akan diserap nutrisinya, sementara sisa-sisa makanan akan dibuang  oleh tubuh dalam bentuk feses.

Proses mencerna makanan ini memakan waktu satu sampai tiga hari tergantung jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Jenis kelamin, kemampuan metabolisme serta kondisi medis tertentu pada masing-masing orang juga mempengaruhi lamanya waktu sistem pencernaan bekerja. 

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tahapan proses pengolahan makanan pada sistem pencernaan.

Mulut

Mulut merupakan bagian saluran pencernaan yang paling awal dalam tubuh kita. Ketika makanan  dikunyah di dalam mulut, kelenjar liur secara otomatis akan memproduksi air liur untuk menghaluskan makanan. Air liur ini memiliki kandungan enzim amilase yang berfungsi untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa dan menghasilkan energi. Makanan yang telah halus kemudian akan didorong oleh lidah ke belakang mulut menuju kerongkongan dan lambung

Lambung

Makanan yang sudah sampai ke lambung akan bercampur dengan enzim pencernaan dan asam lambung untuk dipecah dan dihaluskan kembali hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, otot lambung akan mendorong makanan yang telah dicerna tersebut menuju usus halus untuk melanjutkan proses pencernaan 

Usus Halus

Di dalam usus halus, makanan dari lambung akan kembali dipecah menjadi protein, lemak dan karbohidrat menggunakan enzim yang dihasilkan oleh pankreas serta empedu dari organ hati. Selain itu terdapat juga bakteri di usus kecil yang akan memproduksi enzim untuk membantu proses pemecahan karbohidrat. 

Kemudian dinding usus kecil akan menyerap air serta nutrisi dari makanan ke dalam aliran darah. Sedangkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna akan bergerak menuju usus besar. 

Usus Besar

Setelah nutrisi diserap oleh usus halus, sisa makanan yang sampai ke usus besar akan mengalami pembusukan. Fungsi utama usus besar sendiri adalah menyerap air dan nutrisi yang masih tersisa pada makanan dan memadatkannya menjadi feses. 

Rektum dan Anus

Feses selanjutnya akan disimpan di dalam rektum dan dikeluarkan bersama zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh melalui anus ketika buang air besar. Proses ini terjadi setelah sensor di dalam rektum mengirimkan sinyal ke otak untuk memutuskan feses perlu dikeluarkan atau tidak. 

Nah, itulah beberapa tahapan proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Agar saluran bisa bekerja dengan baik, Kamu sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat dan air yang cukup, seperti buah-buahan dan sayuran. Jika merasa memiliki masalah gangguan pencernaan, segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.