Health

Penyebab dan Gejala Gangguan Pencernaan

By Admin |

Gangguan pencernaan adalah berbagai jenis masalah yang terjadi pada organ dalam saluran sistem pencernaan manusia. Meski sering dianggap sepele, gangguan sistem pencernaan ringan jika tidak diatasi dapat membuat kondisi semakin serius dan kronis. Munculnya masalah pada sistem pencernaan bukan hanya dapat mengganggu aktivitas, namun juga berdampak buruk pada kondisi tubuh. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui penyebab dan gejala yang ditimbulkan gangguan pencernaan, seperti:

Refluks Asam Lambung

GERD merupakan kondisi dimana asam lambung naik menuju kerongkongan (esofagus). Gangguan pencernaan ini akibat melemahnya otot kerongkongan yang berfungsi sebagai pencegah makanan kembali ke kerongkongan setelah ke lambung. GERD memiliki gejala utama seperti adanya rasa seperti terbakar di dada, makanan atau asam lambung naik ke atas lambung serta adanya sensasi mengganjal di bagian tenggorokan.

Gastritis

Gastritis merupakan kondisi peradangan di dinding lambung yang dapat terjadi sewaktu-waktu atau berlangsung lama (kronis). Gangguan pencernaan akibat gastritis dapat terjadi akibat luka pada dinding lambung. Gastritis memiliki beberapa gejala utama seperti perut terasa kembung setelah makan, mual dan muntah serta nyeri di perut bagian atas.

Pankreatitis

Pankreatitis adalah sebuah kondisi peradangan yang terjadi pada organ pankreas. Gangguan pencernaan ini bisa disebabkan oleh penyakit batu empedu serta kecanduan alkohol. Gejala utama pankreatitis ialah seperti demam, nyeri di bagian atas perut, nyeri yang menjalar ke punggung serta mual dan muntah.

Tukak Lambung

Tukak lambung atau peptic ulcer umumnya ditandai dengan luka terbuka atau lubang kecil yang terbentuk di lapisan dinding lambung atau di usus 12 jari (ulkus duodenum). Tukak lambung dapat disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter plori atau penggunaan obat anti inflamasi non steroid dalam jangka panjang. Tukak lambung sebagai penyebab gangguan pencernaan memiliki beberapa gejala utama seperti sakit perut dengan sensasi terbakar, mudah kenyang, perut kembung, sering bersendawa serta merasa mual setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang muncul di bagian usus besar. Penyakit kanker ini bermula dari tumor jinak yang disebut polip adenoma. Nah, jika tidak langsung diobati seiring berjalannya waktu membuat tumor jinak tersebut berkembang menjadi ganas dan mematikan. Gejala utama dari penyakit kanker usus besar ialah seperti berat badan turun drastis, pendarahan pada rektum, tinja mengandung darah, perubahan frekuensi buang air besar yang terjadi secara terus-menerus, serta adanya perubahan pada kepadatan tinja.

Itulah beberapa penyebab dan gejala gangguan pencernaan yang patut kamu ketahui. Dengan mengetahui penyebab dan gejala pada gangguan sistem pencernaan, kamu lebih mudah mengatasinya dengan mulai hidup sehat dan  mengkonsumsi makanan sehat. Hal ini berguna untuk menghindari berbagai faktor yang menjadi pemicu timbulnya gangguan pada sistem pencernaan.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category