Health

Belum Banyak yang Tahu! Ini Dia 4 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya!

By Natural Farm |

Sakit kepala memang sungguh menyiksa! Kepala terasa berat, nyeri, dan pusing. Nah, sebagian dari Anda pasti bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab sakit kepala. 

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda pun bisa tahu cara pengobatan yang tepat. Berikut ini penyebab sakit kepala mulai dari yang ringan hingga yang berat. 

Sakit Kepala Ringan Karena Gaya Hidup 

Percaya atau tidak gaya hidup Anda sehari-hari bisa memicu sakit kepala ringan. Mereka yang sering merasa sakit kepala biasanya sering mengkonsumsi alkohol atau minuman berkafein secara berlebihan. 

Hati-hati, kebiasaan Anda begadang pun bisa memicu sakit kepala. Bahkan, mengikat rambut terlalu kencang atau menggunakan helm yang sempit juga akan mengakibatkan sakit kepala. 

Biasanya, sakit kepala seperti ini akan menghilang dengan sendirinya jika Anda sudah tidak melakukan pemicunya. Anda hanya perlu istirahat yang cukup atau mengkonsumsi obat sakit kepala yang dijual di pasaran jika diperlukan. 

Sakit Kepala Berat Karena Penyakit Tertentu 

Beberapa penyakit bisa menjadi penyebab sakit kepala. Segera periksa ke dokter jika Anda sering mengalami sakit kepala dan tidak mereda walaupun minum obat. Bisa jadi, sakit kepala tersebut adalah gejala dari penyakit lainnya. 

Beberapa penyakit dengan gejala sakit kepala berat, antara lain, stroke, tumor otak, radang otak, perdarahan subarachnoid, Meningitis, hidrosefalus, dan lain-lain. Karena sakit kepala ini tergolong berat, maka Anda harus segera ke dokter. Dokter akan memutuskan bagaimana menangani penyakit Anda serta menghilangkan gejala sakit kepala tersebut.  

Sakit Kepala Karena Gangguan Mental 

Ternyata gangguan mental juga memicu sakit kepala. Misalnya saja saat Anda merasa depresi atau sulit tidur. Pasti Anda akan merasakan sakit kepala. 

Begitu juga saat Anda terkena serangan panik dan cemas. Semakin Anda panik dan cemas, kepala Anda akan semakin sakit. 

Jika dibiarkan biasanya Anda akan kehilangan kesadaran atau pingsan. Segera periksa ke psikolog atau dokter ahli lainnya. 

Ikuti saran dokter Anda agar gangguan mental Anda mereda. Jika gangguan mental Anda mereda, maka Anda pun tidak perlu merasakan sakit kepala.

Sakit Kepala Karena Pengaruh dari Luar 

Mungkin saat ini Anda merasa sehat-sehat saja, tapi entah kenapa Anda sering merasa pusing. Salah satu alasannya bisa jadi karena pengaruh dari luar. 

Pengaruh dari luar maksudnya bisa jadi Anda pernah mengalami cedera di area kepala. Coba diingat, apakah Anda saat ini sedang mengkonsumsi pil KB atau mengkonsumsi obat lainnya. 

Jika ya, maka besar kemungkinan bahan-bahan pada obat tersebut yang menyebabkan sakit kepala. Stop konsumsi obat tersebut dan konsultasikan kepada dokter agar Anda tidak perlu merasakan sakit kepala lagi. 

Intinya, penyebab sakit kepala itu beragam. Anda harus memahaminya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. 

Salah mengambil tindakan, maka sakit kepala tidak akan sembuh bahkan akan semakin parah. Semakin cepat Anda mengetahui penyebabnya, semakin baik karena Anda bisa memilih penanganan yang tepat.   

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category