Health

Benjolan di Belakang Telinga, Kenali Penyebabnya serta Cara Menghilangkannya

By Erwin |

Meskipun kadang terlihat sederhana, namun ternyata benjolan di belakang telinga sangat mengganggu jika tidak segera dihilangkan. Itu sebabnya, penting bagi Anda mengetahui apa saja sebenarnya penyebab munculnya benjolan tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya.

Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Jika hendak menghilangkan benjolan yang muncul di belakang telinga, paling tidak Anda mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu supaya penanganan yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Nah, berbicara mengenai penyebab benjolan yang sering muncul di belakang telinga, umumnya kondisi ini disebabkan oleh jerawat membandel, kista, dan lipoma.

Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkannya, langsung saja simak pembahasannya yang ada di bawah ini.

Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

Terdapat beberapa cara menghilangkan benjolan di belakang telinga yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

1. Benjolan karena jerawat

Salah satu penyebab munculnya benjolan yang ada di belakang telinga adalah jerawat sesuai dengan yang disinggung di atas. 

Kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit akibat sebum. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang melindungi dan mengatur keseimbangan kelembapan. Penumpukan sebum yang dilengkapi kulit mati bisa membentuk komedo sehingga nantinya jerawat bisa terinfeksi bahkan meradang jika bakteri sampai masuk ke dalam komedo. 

Nah, jerawat meradang ini bisa tumbuh dan membentuk benjolan yang salah satunya bisa muncul di belakang telinga dengan rasa nyeri saat ditekan.

Anda bisa menghilangkan benjolan ini dengan cara perawatan obat anti jerawat yang diresepkan oleh dokter.

2. Benjolan akibat adanya kista

Sebagaimana yang diketahui, kista bisa tumbuh di berbagai macam area pada kulit termasuk belakang telinga. Kista sendiri merupakan kantung yang berisi cairan dan membentuk benjolan dan terasa saat diraba. Ada juga yang ditandai bintik hitam pada bagian atas kista

Sementara, untuk menghilangkan benjolan kista di belakang telinga bisa dilakukan dengan menyuntikkan obat yang dikhususkan untuk mengeringkan benjolan, melakukan operasi bedah, hingga laser.

3. Benjolan akibat lipoma

Lipoma merupakan gumpalan lemak yang dianggap tidak berbahaya, tumbuh lambat, tidak ganas, dan tidak menjalar ke berbagai macam bagian tubuh. Lipoma umumnya muncul di berbagai macam bagian tubuh termasuk di belakang telinga dengan tekstur lembut ketika disentuh. 

Benjolan yang muncul akibat lipoma biasanya terasa lebih dalam serta lebih lembut daripada benjolan akibat kista. Meskipun tidak ganas, namun tetap saja gejala nyeri bisa muncul jika lipoma ada sampai menekan saraf di dekatnya. 

Sementara, cara menghilangkan benjolan ini bisa dengan operasi yang dilakukan langsung oleh ahli bedah kosmetik atau membiarkannya hingga sembuh sendiri sebab tergolong tidak terlalu membutuhkan penanganan medis.

Itulah sekilas pembahasan seputar penyebab munculnya benjolan di belakang telinga sekaligus bagaimana cara menghilangkannya.

Share

Trending Article

Tips Memilih Vitamin Penggemuk Badan dari Buah dan Sayur Agar Mencapai Keseimbangan Nutrisi Optimal

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

7 Vitamin Tulang

Manfaat Vitamin B Complex Yang Bagus

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Article Category