Health

Penyebab dan Cara Meredakan Nyeri Haid

By Erwin |

Meskipun tidak semua perempuan mengalaminya, namun rasa nyeri saat haid umumnya terjadi khususnya di hari pertama sampai ketiga periode menstruasi. Jika Anda merasakan hal tersebut, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara meredakan nyeri haid supaya tidak terlalu mengganggu apalagi saat sedang melakukan berbagai macam aktivitas.

Penyebab Nyeri Haid

Sebelum membahas lebih lanjut terkait bagaimana caranya supaya nyeri haid bisa reda, Anda juga perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab dari rasa nyeri yang seringkali muncul saat haid. 

Nyeri perut saat haid ternyata sebuah hal yang umum terjadi dan disebabkan akibat adanya otot-otot rahim yang mengalami kontraksi. Biasanya rasa ini sampai tak tertahankan sehingga membuat para penderitanya ingin mencari tahu bagaimana cara meredakannya dengan aman dan efektif.

Bebicara mengenai cara meredakan rasa nyeri saat haid, terdapat beberapa solusi yang bisa langsung Anda gunakan di bawah ini.

Cara Meredakan Nyeri Haid

Terdapat beberapa cara meredakan nyeri haid yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

1. Mengompres perut menggunakan air hangat

Jika nyeri haid mulai Anda rasakan dan tidak tertahankan, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya menggunakan benda hangat. Anda bisa melakukannya dengan cara mengisi botol kaca menggunakan air hangat kemudian letakkan pada atas perut sebagai kompresnya.

Hanya saja, Anda perlu menghindari mengompres langsung botol kaca pada perut. Sebaiknya gunakan kain untuk melapisi kulit sehingga tidak terlalu panas melainkan akan terasa hangat. Dengan begitu, otot Rahim yang kaku bisa dilemaskan dan rasa nyeri pun bisa berkurang.

2. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Pasalnya, penyebab lain munculnya nyeri atau kram saat haid adalah dehidrasi atau kondisi yang membuat Anda kekurangan cairan tubuh.

Untuk itu, dianjurkan untuk Anda dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang bisa dilakukan dengan meminum air putih paling tidak 2 liter untuk per harinya.

Anda pun bisa membuat jus buah tanpa tambahan gula, membuat minuman lemon hangat, dan membuat minuman jahe sehingga bisa menciptakan efek menenangkan dan baik untuk mengurangi nyeri haid.

3. Melakukan olahraga ringan

Tidak sedikit orang yang merasakan nyeri haid akan lebih memilih diam dan tidur. Padahal, nyeri haid bisa Anda kurangi dengan melakukan beberapa olahraga ringan. Anda bisa melakukannya dengan jalan santai di pagi hari atau yoga.

Kemampuan olahraga ringan yang bisa mendorong pelepasan endorphin bisa membuat Anda dapat mengurangi rasa nyeri sebab hormone tersebut berperan sebagai penghilang rasa sakit.

Itulah beberapa cara meredakan nyeri haid yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category