Health

Berapa 100 Gram Gula Dalam Takaran Sendok Makan?

By Admin |

Semua orang pasti sudah sangat akrab dengan dunia masak memasak dan mengurus urusan dapur. Tetapi, apakah Anda pernah penasaran dengan 100 gram gula berapa sendok makan? persoalan takaran ini memang merupakan hal yang sangat penting dan sudah tidak asing lagi. Meski begitu, tetap ada pertanyaan mengenai takaran gula yang cukup mengusik bagi sebagian orang. Lalu, bagaimana cara menghitung takaran gula tersebut?

Bagaimana Cara Menghitung 100 Gram Gula Berapa Sendok Makan?

Sebelum kita menghitung, takaran gula dengan menggunakan jumlah sendok makan ini merupakan satuan volume yang tidak baku. Biasanya digunakan untuk mengukur satuan volume dengan jumlah yang sedikit seperti mililiter atau gram. Ukuran seperti ini digunakan untuk mengukur gula, garam, merica atau lainnya yang digunakan untuk keperluan memasak. 

Hal ini dapat dikatakan seperti satu sendok makan setara dengan 13,75 gram yang berarti 13 tiga per empat gram ini sama dengan 100 gram. Gram sendiri merupakan sistem metrik atau satuan dari sebuah massa. Simbol dari gram sendiri yaitu g. Lalu 100 gram berapa sendok makan? tentunya konversi pada satuan ini ke takaran sendok makan juga akan sangat memungkinkan, meski jawabannya tidak akan presisi. Hal ini dikarenakan jenis materi atau benda yang berbeda beda. 

Perlunya Memperhatikan Asupan Gula Harian, Yang Dapat Ditakar Dengan Sendok

Banyak orang yang sangat senang dengan makanan manis, hal ini dinilai karena makanan manis dapat membuat suasana lebih nyaman saat mengonsumsinya. Meskipun sangat memanjakan lidah bagi orang yang mengonsumsinya, takaran gula yang berada dalam makanan dan minuman manis terkadang kerap kali melebihi ambang batas dalam anjuran untuk mengonsumsi gula harian. 

Menurut anjuran dari menteri kesehatan, batas untuk konsumsi gula harian ini yaitu 10 persen yang berarti 10 persen dari total energi. Hal ini setara dengan empat sendok makan atau 50 gram gula, tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi gula lebih dari 50 gram, karena hal ini dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai penyakit yang tidak menular di masa mendatang. 

Cara Mengontrol Asupan Gula Per Hari

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi makanan manis agar asupan harian gula per hari dapat terkontrol.

  1. Mengonsumsi makanan dalam bentuk asli, Anda dapat mengontrol asupan gula dengan mengonsumsi makanan alami terutama buah buahan segar. Sehingga, Anda tidak memerlukan lagi gula yang terbentuk pada olahan lagi.
  2. Memeriksa label gizi yang berada pada makanan kemasan, Anda harus membaca informasi nilai gizi yang berada pada bagian belakang kemasan. Anda juga perlu memerhatikan jumlah gram gula per porsi dengan total takarannya. Sehingga Anda dapat meminimalisir konsumsi gula setiap harinya. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category