Health

Berapakah Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya? Berikut Ulasannya

Suhu tubuh normal pada manusia umumnya berkisar antara 36.2 hingga 37.5 derajat celcius. Namun sebetulnya, suhu tubuh manusia memiliki angka yang cukup bervariasi tergantung pada beberapa faktor diantaranya kelompok usia, jenis kelamin hingga tingkat aktivitasnya. Adapun suhu tubuh yang normal pada manusia berdasarkan usianya bisa kamu simak dalam uraian di bawah ini.


1. Pada Bayi

Bayi biasanya memiliki rentang suhu tubuh yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan suhu tubuh pada orang dewasa, utamanya ketika melakukan pemeriksaan suhu melalui ketiak dan telinga. Hal ini disebabkan oleh area permukaan tubuh bayi yang lebih luas ketimbang orang dewasa. 

Selain itu, tubuh bayi cenderung memiliki tingkat metabolisme tinggi yang dapat menghasilkan panas. Oleh karenanya, pada saat demam suhu tubuh bayi terkadang memerlukan waktu yang lebih lama untuk turun. Normalnya, suhu tubuh bayi berumur 0 hingga 2 tahun berkisar antara 36.5 sampai 37 derajat celcius. Kemudian pada saat tumbuh gigi, suhu tubuh bayi akan meningkat hingga 38 derajat celcius.

2. Pada Anak-anak

Anak-anak berusia 3 sampai 10 tahun memiliki suhu normal dengan rentang 35.5 hingga 37.5 derajat celcius. Anak-anak dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya melebihi batas maksimal suhu normalnya.

3. Pada Orang Dewasa

Suhu tubuh normal orang dewasa berada dalam kisaran 36.5 hingga 37.5 derajat celcius.Orang dewasa dapat dikategorikan mengalami demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius. Jika suhu berada di angka 39.5 derajat celcius maka tubuh menunjukkan gejala demam tinggi.

Sementara suhu lebih dari 40 derajat celcius menandakan bahwa tubuh mengalami demam yang sangat tinggi dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dikenal dengan istilah hipotermia yang biasanya disebabkan oleh sengatan panas.

Sengatan panas merupakan suatu kondisi saat seseorang tidak mampu untuk mendinginkan tubuhnya ketika berada di lingkungan yang terlalu panas. Jika dibiarkan, hipotermia bisa mengakibatkan dehidrasi parah bahkan hingga kerusakan organ tubuh secara permanen. 

Seperti yang telah diulas sebelumnya, normal atau tidaknya suhu tubuh manusia juga berbeda-beda jika dilihat berdasarkan jenis kelaminnya. 

Pria dengan massa otot yang lebih banyak akan menghasilkan panas yang lebih besar. Suhu normal pria dewasa ada pada rentang 36.2 sampai 37.7 derajat celcius. Sedangkan pada wanita, suhu normalnya berkisar antara 33.2 hingga 37 derajat celcius. 

Perbedaan suhu yang cukup jauh tersebut disebabkan karena wanita memiliki tingkat metabolisme yang cenderung lebih rendah sehingga produksi energi dan panas tubuh yang dihasilkan oleh seorang wanita lebih sedikit daripada pria. 

Demikianlah informasi tentang kisaran suhu tubuh normal pada manusia berdasarkan kelompok usianya. Apabila suhu tubuhmu menunjukkan angka yang lebih tinggi atau lebih rendah dari batas normalnya, sebaiknya kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan.