Health

Jumlah Kalori & Nutrisi Lainnya dalam Buah Apel

Jika Anda perhatikan maka ada banyak sekali orang yang mengkonsumsi buah apel pada saat sedang diet. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, sebab buah apel adalah buah yang memiliki kalori yang rendah namun termasuk mengenyangkan serta mengandung banyak nutrisi lainnya. Sehingga jika Anda juga sedang melakukan diet, ada baiknya Anda membeli apel dan memakannya setiap hari. Buah apel nikmat untuk dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai minuman seperti jus. Buah tersebut juga mudah ditemukan di Indonesia sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan baik. Namun kira-kira satu apel berapa kalori yang terkandung di dalamnya? Kemudian apa saja nutrisi lain yang ada di dalamnya? 

Kalori Dalam 1 Buah Apel

Buah apel ada banyak jenisnya, sehingga tergantung pada jenis apel dan ukurannya, kandungan kalori dalam 1 buah apel bisa jadi berbeda. Untuk menjawab pertanyaan satu apel berapa kalori, maka kita bisa mengambil contoh 1 buah apel yang belum dikupas dengan berat 100 gram maka di dalamnya mengandung 52 kalori. Kemudian untuk apel jenis Granny Smith yang berukuran kecil mengandung sebanyak 80 kalori, kemudian jenis apel honeycrisp yang ukurannya besar bisa menyediakan 123 kalori. Maka dari itu saat Anda diet pun, Anda harus memilih buah apel Anda dengan hati-hati agar bisa mendapatkan jumlah kalori yang tepat.

Nutrisi Lain Dalam Apel

Selain pentingnya mengetahui satu apel berapa kalori, maka nutrisi dalam buah apel juga perlu Anda ketahui agar Anda bisa mengetahui berbagai manfaat buah apel bagi kesehatan Anda. Karena saat Anda sedang diet sekalipun Anda tidak boleh melupakan kebutuhan nutrisi harian Anda.

Nutrisi pertama yang terkandung dalam buah apel selain kalori adalah serat. Tentunya semua buah dan sayuran adalah bahan makanan yang mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Kebanyakan orang saat diet, sering mengalami gangguan pencernaan, maka sangat baik mengkonsumsi buah apel untuk mengatasi hal tersebut karena dalam 1 buah apel berukuran 100 gram terkandung serat sebanyak 4 gram atau sekitar 17% dari kebutuhan angka kecukupan gizi.

Selain itu, setiap orang tentunya membutuhkan air yang cukup agar tubuhnya tidak dehidrasi, nah di dalam 1 buah apel ini 90%nya mengandung air, sehingga jika Anda rajin mengkonsumsi buah apel setiap hari, Anda bisa mencukupi kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak ketinggalan dalam satu buah apel juga terkandung karbohidrat sebanyak 20 – 25 gram banyaknya. Jumlah yang tidak terlalu banyak sehingga tepat untuk orang yang sedang diet. Namun bagi Anda yang sedang menghindari konsumsi gula, perlu Anda ketahui bahwa dalam karbohidrat buah apel juga mengandung gula dalam jumlah yang cukup tinggi.

Photo by Priscilla Du Preez