Health

Berbagai Buah Penambah Darah untuk Anemia

Apabila sering merasa lelah atau lemas, juga pusing kepala maka itu bisa jadi tanda akan kurangnya darah, atau yang sering disebut sebagai gejala anemia. Peran darah dalam tubuh sangat penting, terutama kandungan hemoglobin nya. Anemia adalah ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh di bawah normal, akibat produksi hemoglobin yang tidak maksimal. Sehingga penyaluran nutrisi, dan vitamin, serta oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Hal ini terjadi salah satunya akibat kurangnya pasokan zat besi guna memproduksi hemoglobin. Sumber zat besi ada zat besi heme yang berasal dari hewani yang lebih mudah diserap tubuh dan ada zat besi non heme yang berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan dan sayuran, sumber nabati. Sebagai salah satu solusi mengatasi gejala anemia maka bisa konsumsi beberapa makanan penambah darah yang tinggi kandungan zat besinya sebagai berikut.

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang mengandung zat besi cukup banyak. Pada setengah gelas bayam terdapat  sekitar 12 miligram (mg) zat besi. Jumlah tersebut mampu memenuhi hampir 50 persen dari total kebutuhan akan zat besi harian bagi tubuh. Selain itu bayam juga mengandung asam folat. Asam folat (vitamin B9) itu juga diperlukan untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Sehingga konsumsi bayam bisa menjadi solusi yang tepat bagi para penderita anemia.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau juga tergolong sebagai salah satu makanan penambah darah. Hal ini karena kacang hijau mengandung zat besi juga asam folat, dan juga vitamin C yang akan membantu penyerapan zat besi dengan secara optimal. Apalagi kacang hijau juga diperkaya dengan sejumlah zat bergizi yang lainnya, yakni ada vitamin A, dan vitamin B6, serta kalium, dan kalsium, juga magnesium, serta natrium.

3. Buah Naga

Buah naga juga bagus bagi para penderita anemia. Kandungan yang terdapat pada buah naga selain zat besi juga ada fosfor dan kalium, yang juga bisa membantu memaksimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Tak ada salahnya untuk mengkonsumsinya dengan secara rutin.

4. Jambu Biji

Buah ini harganya cukup terjangkau dan juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, serta vitamin C juga yang akan bisa membuat produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi lebih optimal. Buah jambu biji bagus dikonsumsi setiap hari. Rasanya juga enak dan kaya manfaat.

5. Daging Merah

Konsumsi daging merah seperti daging sapi atau kambing atau domba juga bagus bagi para penderita anemia. Terdapat sekitar 2,7 miligram (mg) zat besi untuk per 100 gram (gr) daging merah. Jumlah ini sudah memadai guna memenuhi 15 persen dari total angka kebutuhan zat besi harian tubuh.

6. Daging Ayam

Pada daging unggas terdapat 100 gram (gr) zat besi, yang telah mencukupi 13 persen  total kebutuhan zat besi harian.

7. Seafood

Makanan yang berasal dari laut seperti kerang dan tiram memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Pada tiap 100 gram nya terdapat sekitar 28 mg zat besi.

Itulah beberapa makanan penambah darah yang bagus dikonsumsi secara rutin oleh para penderita anemia.