Health

Berikut Cara Mengatasi Insomnia untuk Tidur yang Lebih Berkualitas

Insomnia adalah sebuah kondisi yang sangat sering terjadi pada seseorang yang disertai dengan rasa gelisah di malam hari. Keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan tidur saat malam tentu mengganggu produktivitas sehari-hari dan juga berpengaruh pada kondisi pada pikiran seseorang. 

Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi seperti ini patut diwaspadai. Kondisi ini disebabkan karena berbagai faktor, seperti kebiasaan meminum minuman kafein, alkohol dan semacamnya sebelum tidur. Masalah psikologis bisa saja mempengaruhi, misalnya depresi, stres, kecemasan berlebih, dan lain-lain. Nah, lalu seperti apa cara mengatasi insomnia ini? Berikut kami sajikan caranya, dikutip dari Alodokter.

1. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Penyebab insomnia salah satunya adalah karena konsumsi makanan yang tidak baik juga. Hindari yang memiliki kandungan berupa lemak jenuh yang tinggi serta karbohidrat yang kompleks saat hendak tidur. Makanan seperti itu memberatkan sistem pencernaan untuk bekerja, jadi sulit untuk tubuh beristirahat. Cracker tawar dan yogurt cocok untuk anda jika ingin makan cemilan saat malam.

2. Relaksasi

Relaksasi adalah salah satu cara mengatasi insomnia agar cepat tidur. Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan yoga, maupun pilates. Ini akan memberi ketenangan dan juga kenyamanan untuk anda bisa tertidur dengan baik.

3. Hindari Minuman Beralkohol atau yang Berkafein

Menjadi penyebab insomnia yang serius, anda harus bisa menghindari minuman yang beralkohol, kopi, minuman ringan berkafein, teh, dan semacamnya apalagi saat sore dan saat mau tidur. Seringlah minum air putih atau susu sebagai salah satu alternatif cara mengatasi insomnia.

4. Jangan Merokok

Tidak merokok sebelum tidur saat malam hari adalah solusi tentang bagaimana cara mengatasi insomnia agar kualitas tidur lebih baik. Adanya kandungan berupa nikotin pada rokok yang akan membuat anda kesulitan atau bahkan tak bisa tertidur. Maka dari itu usahakan untuk menjauhi dan tidak merokok agar sepanjang malam anda tak terjaga.

5. Buat Kamar Senyaman Mungkin untuk Tidur

Kamar adalah tempat untuk tidur, jadi penting untuk anda menyiapkan suasana kamar menjadi nyaman untuk tidur. Misalnya dengan menyesuaikan suhu atau pencahayaan di kamar, memilih bantal yang pas dan tak terlalu tinggi, menempatkan barang-barang yang mengganggu tidur ke luar kamar, mengatur posisi tidur yang nyaman, dan lain-lain. Bisa juga dengan menambah pewangi aromaterapi lavender yang baunya nyaman untuk dibawa tidur, dengan meneteskannya pada bantal atau bagian tubuh seperti leher.

6. Minum Obat Tidur Sesuai Anjuran Dokter

Obat ini harus dikonsumsi sesuai resep dan anjuran dokter, ya. Pemakaiannya bisa membantu anda tertidur walaupun ada efek sampingnya, seperti pusing, kecanduan, susah fokus, sampai dengan perubahan mood.

7. Selalu Berpikiran Positif

Mencoba untuk berpikiran positif juga menjadi cara mengatasi insomnia atau susah tidur yang tepat. Karena biasanya insomnia dialami orang yang khawatir berlebihan dan juga cemas. Agar pikiran lebih tenang, anda bisa melakukannya dengan cara meditasi.

8. Ubah Gaya Hidup Menjadi Gaya Hidup Sehat

Menerapkan pola atau gaya hidup yang sehat penting untuk dilakukan. Misalnya dengan olahraga rutin, atur pola makan, dan mengurangi depresi atau stres. Olahraga yang bisa jadi pilihan anda adalah jogging santai, atau berenang. 

Lakukan cara-cara di atas dengan rutin agar bisa mendapat tidur yang nyenyak setiap hari di malam hari, namun apabila insomnia tak kunjung reda meskipun berbagai cara sudah dilakukan, anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter agar ditangani. Jadi, itu dia cara mengatasi insomnia di malam hari, terima kasih telah membaca artikel ini.