Health

6 Cara Meredakan Batuk yang Tepat dan Ampuh untuk Kembali Sehat

Batuk adalah hal yang umum terjadi dan biasanya memang bisa sembuh sendiri. Namun, batuk yang berkelanjutan dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sehingga, dibutuhkan cara meredakan batuk yang tepat untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut. 

Tips Meredakan Batuk

Batuk yang biasa terjadi bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti karena alergi, pilek, ataupun infeksi sinus. Akan tetapi, selama gejala batuk masih terasa ringan, Anda bisa mencoba cara menyembuhkan batuk dengan tepat, seperti berikut ini.

1. Minuman Hangat

Minuman hangat bisa menjadi tips meredakan batuk yang memiliki efek baik untuk tenggorokan Anda. Air putih hangat bisa membantu untuk melepaskan lendir pada tenggorokan saat batuk. Selain itu, Anda juga bisa mencoba minum teh atau air lemon hangat karena bisa meredakan rasa sakit atau perih yang terasa di tenggorokan.

2. Madu

Madu sudah lama digunakan sebagai cara alami untuk menyembuhkan batuk dengan tepat. Konsumsi madu untuk meredakan batuk juga bisa dilakukan dengan mencampurnya dengan teh herbal atau air lemon hangat.

Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri yang membantu melapisi tenggorokan, sehingga mengurangi iritasi yang diakibatkan oleh batuk. Mengkonsumsi madu untuk anak-anak juga merupakan cara meredakan batuk terutama di malam hari yang bisa menyebabkan anak sulit tidur.

3. Air Jahe

Tips meredakan batuk selanjutnya adalah dengan minum air jahe. Jahe yang merupakan salah satu obat tradisional memang sering digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit, salah satunya batuk.

Keefektifan jahe untuk meredakan batuk dikarenakan adanya kandungan zat antiinflamasi dan antitusif di dalam jahe. Sehingga, minum air jahe dipercaya mampu mengendurkan otot-otot saluran napas dan membuat pernapasan menjadi lebih lega.

4. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dikatakan mampu membantu meredakan tenggorokan karena batuk. Selain itu, air garam juga bisa membantu mengencerkan dahak yang ada pada tenggorokan.

Tips meredakan batuk dengan air garam dapat dilakukan dengan cara mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah dengan air garam tersebut selama kurang lebih 30 detik dengan kepala yang menengadah. Kemudian, buang air garam dan jangan ditelan.

5. Meningkatkan Asupan Cairan

Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah cara menyembuhkan batuk dengan tepat yang tidak boleh diabaikan. Asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh haruslah tetap terjaga karena akan membantu meredakan batuk dengan cepat.

Asupan cairan ini bukan hanya bisa didapatkan melalui konsumsi minuman, tetapi juga bisa dalam bentuk makanan, seperti sup ayam atau sup daging yang diutamakan dalam keadaan hangat.

6. Minum Obat

Cara menyembuhkan batuk dengan tepat dan reaksi yang cepat bisa dengan mengkonsumsi atau minum obat batuk. Umumnya, kandungan yang terdapat dalam obat batuk sudah disesuaikan dengan keluhan yang dirasakan. Hal ini karena sakit batuk biasanya akan didampingi dengan gejala lainnya yang penanganannya bisa jadi juga berbeda.

Oleh karena itu, Anda bisa membeli obat untuk meredakan batuk dengan solusi gejala yang Anda rasakan. Dengan meminum obat, reaksi kandungannya bisa lebih cepat direspon oleh tubuh.

Itulah 6 cara meredakan batuk yang bisa Anda coba di rumah. Batuk memanglah penyakit yang biasa terjadi dan dapat sembuh sendiri. Akan tetapi, jika sakit batuk tak kunjung sembuh dengan gejala yang mulai mengganggu, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional.