Health

Berikut Ini Cara Menurunkan Demam dari yang Paling Sederhana

Cara menurunkan demam, ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan dirumah. Demam merupakan penyakit yang kerap dialami oleh setiap manusia. Dimana demam merupakan bentuk respon tubuh atau gejala terhadap penyakit. Demam dapat terjadi pada siapapun, mulai dari bayi hingga dewasa bahkan manula. 

Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk meredakan gejala demam dengan beberapa perawatan di rumah seperti berikut ini:

  1. Perbanyak minum air putih, karena dengan adanya demam bisa menimbulkan cairan dan dehidrasi, dan air putih sangat berperan penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi ketika suhu tubuh sedang tinggi. 
  2. Istirahat yang cukup, mengurangi aktivitas yang berlebih dahulu karena bisa meningkatkan suhu tubuh. 
  3. Menggunakan baju yang tipis, agar suhu tubuh bisa segera hilang dengan suhu sekitar. 
  4. Kompres dengan air hangat. Sehingga bisa merangsang produksi keringat, dengan begitu suhu tubuh akan menurun.mengompres dengan air hangat juga bisa membantu melancarkan aliran darah sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman ketika demam.
  5. Menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Hal ini dilakukan agar suhu tubuh bisa cepat menurun sesuai dengan suhu ruangan yang ada. Apabila suhu ruangan terlalu panas, maka suhu tubuh akan ikut meningkat.
  6. Tetap makan yang cukup, dengan tetap teratur makan makanan yang cukup mampu menjaga tubuh anda agar tidak mudah drop sehingga tidak menimbulkan masalah atau penyakit lain.
  7. Perbanyak konsumsi buah – buahan. Seperti jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, strawberry, nanas, dan mangga yang kaya akan vitamin C. Sebagai antioksidan, vitamin C mampu mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dengan begitu bisa mempercepat penyembuhan demam anda. Selain itu juga buah pisang bisa membantu menggantikan asupan kalium di dalam tubuh yang hilang ketika berkeringat. .

Nah, cara menurunkan demam, apabila demam anda sudah membuat sangat tidak nyaman, maka sebaiknya anda bisa mengkonsumsi pereda nyeri yang biasa dijual bebas baik untuk orang dewasa seperti paracetamol, aspirin, asetaminofen, atau ibuprofen. 

Paracetamol, terbukti mampu menurunkan demam, sangat aman apabila dikonsumsi oleh anak – anak, orang dewasa, bahkan ibu hamil. Aspirin juga mampu menurunkan demam dalam waktu semalam, namun pada pemberian aspirin sangat tidak dianjurkan untuk bayi dan anak, bahkan ibu hamil sekalipun tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ibuprofen hampir sama dengan paracetamol, namun obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi anak dibawah 6 tahun. 

Akan tetapi sebelum anda mengkonsumsi obat tersebut alangkah baiknya baca terlebih dahulu aturan konsumsi dalam kemasan tersebut. Atau anda bisa langsung konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut dan tepat. Sehingga bisa mendapatkan penanganan medis yang lebih tepat dan efektif. 

Apabila sudah melakukan cara di atas namun demam terus naik dan tidak kunjung reda atau menurun dalam kurun waktu yang lama, maka sebaiknya anda langsung memeriksakan saja ke dokter. 

Seorang dokter akan mendiagnosis demam melalui pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer. Kemudian dokter akan mencari tahu penyebab dari demam itu sendiri dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik secara menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan.

Anda perlu waspada dan segera pergi ke dokter apabila demam disertai dengan kejang – kejang, hilang kesadaran, sesak nafas, bagian tubuh ada yang sakit, peradangan atau pembengkakan di salah satu bagian tubuh, sakit ketika buang air kecil, urine bau tak sedap, dan lain sebagainya.