Health

Tipe gejala demam berdarah Yang Perlu Diwaspadai

Hai sahabat, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam lindungan sang maha kuasa. Hari ini kita akan membahas mengenai gejala demam berdarah, apa saja gejalanya yang perlu kita waspadai? Pasti kalian penasaran banget kan? Ayo merapat,  kita bahas.

Gejala demam berdarah pada orang dewasa

Demam berdarah ialah penyakit  yang terjadi pada tubuh yang disebabkan oleh nyamuk jenis Aedes aegypti. Gejala demam berdarah perlu diwaspadai karena virus yang disebabkan oleh nyamuk ini sangat membahayakan tubuh, demam berdarah pada orang dewasa memiliki tanda-tanda yang perlu diwaspadai yaitu:

Terjadinya demam  tinggi dengan tiba-tiba

Salah satu gejala yang perlu diwaspadai yaitu demam tinggi yang terjadi dengan mendadak, demam ini biasanya mencapai 40 derajat celcius, disertai dengan tubuh yang menggigil.

Terjadinya sakit kepala

Sakit kepala juga menjadi tanda terjadinya demam berdarah, sakit kepala biasanya terjadi dibagian dahi, sakit kepala ini kadang juga terjadi sangat parah pada bagian belakang kepala.

Ditandai dengan muntah-muntah

Biasanya gejala muntah ini akan terjadi sekitar 2 atau 4 hari setelah virus masuk ke tubuh manusia.

Ditandai dengan ruam-ruam murah

Gejala ini suatu hal yang sering terjadi pada tubuh jika terkena demam berdarah.

Ditandai dengan nyerinya otot

Nyeri otot akan terjadi dibagian tulang,sendi, dan belakang mata. Tanda ini juga termasuk gejala demam berdarah yang perlu untuk diwaspadai.

Merasa lelah, gelisah 

Gejala ini terjadi jika demam berdarah yang dialami sudah berlangsung sekitar 2 sampai 7 hari.

Gejala demam berdarah pada bayi

Demam juga bisa terjadi pada bayi, biasanya memiliki gejala yang perlu diwaspadai, yaitu:

  1. Terjadinya demam pada tubuh bayi, biasanya demam ini berkisar antara suhu dari 39 derajat celcius sampai dengan suhu 41 derajat celcius, untuk mengukur suhu pada tubuh bayi lebih baik menggunakan termometer agar lebih akurat.
  2. Selain demam, gejala yang selanjutnya yaitu masalah dalam pencernaan, seperti mual 
  3. Tidak memiliki nafsu untuk makan, biasanya bayi cenderung terus menangis dan tidak memiliki nafsu untuk makan  atau nyusu.
  4. Tubuh akan terasa lelah dan lemas
  5. Kesulitan dalam bernafas, biasanya bayi tidur cenderung mendengkur jika tubuhnya terkena demam berdarah.

Langkah-langkah dalam penanganan gejala demam berdarah pada anak antara lain:

  1. Mulai mencukupi kebutuhan cairan pada anak, seperti air putih jika anak usia diatas 6 bulan, jika di bawah dari usia tersebut lebih baik untuk meminum air susu ibu karena ASI juga memiliki banyak kandungan vitamin, sehingga cairan yang dibutuhkan pada anak  terpenuhi.
  2. Memberikan penanganan yang baik untuk anak selalu memantau perkembangan kondisi kesehatan , langkah yang bisa dilakukan seperti memberikan obat sesuai dengan resep setelah berkonsultasi dengan dokter
  3. Melarang anak untuk bermain yang menguras tenaga, sebaiknya perbanyak untuk istirahat, agar demam pada tubuh anak bisa cepat hilang.

Itulah beberapa gejala demam berdarah baik pada anak maupun dewasa serta hal yang dapat dilakukan untuk penanganannya. Terapkan pola hidup sehat di keluarga dan lingkungan untuk mencegah demam berdarah.