Health

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

By Erwin |

Buah mengandung nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Padahal, jika Anda menderita asam lambung berlebih atau GERD, sebaiknya hindari atau batasi konsumsi pantangan asam lambung tertentu. Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika asam lambung mengalir ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti mulas, kesulitan menelan, gangguan pencernaan, mual, kembung, dan sakit tenggorokan. Kondisi ini diyakini mempengaruhi 15-19% orang secara global.

Untuk mencegah GERD memburuk, pasien dengan kondisi ini harus menghindari makanan dan minuman tertentu, termasuk makanan berlemak, minuman bersoda, daun mint, makanan pedas, dan minuman beralkohol.

Selain itu, ada beberapa buah-buahan yang harus dihindari agar mengurangi peningkatan produksi asam di lambung, yang dapat memicu atau memperparah gejala penyakit GERD atau asam lambung. Berikut Penjelasannya:

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Menderita Asam Lambung

Jika Anda memiliki asam lambung, Anda harus lebih memilih makanan yang Anda makan, terutama buah-buahan. Ada beberapa buah-buahan yang harus dihindari jika Anda menderita asam lambung. Berikut beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi saat mengalami asam lambung berlebih:

1. Jeruk

Vitamin C berlimpah dalam setiap buah sitrus seperti jeruk, limau, dan lemon. Namun, karena buah ini mengandung cukup banyak asam, jeruk bisa menyebabkan kambuhnya gejala asam lambung seperti mual dan mulas.

Jeruk merupakan buah terlarang untuk asam lambung, namun Anda tetap bisa mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Selain itu, Anda bisa mengurangi keasaman dengan meminum air putih atau air alkali setelah makan jeruk atau buah sitrus lainnya.

2. Tomat

Tomat, seperti halnya jeruk, serta beberapa olahan tomat tertentu seperti saus dan jus tomat, adalah salah satu buah yang dilarang untuk asam lambung. Hal ini disebabkan kandungan asam tomat yang tinggi, yang dapat menimbulkan gejala GERD dan mengiritasi lapisan lambung dan dinding esofagus.

3. Apel Hijau

Apel hijau memiliki rasa asam yang lebih besar daripada apel merah, sehingga tidak cocok untuk penderita asam lambung. Kandungan asam apel hijau yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar asam lambung, serta berisiko memicu dan memperparah gejala asam lambung.

4. Nanas

Beberapa penderita asam lambung mungkin tidak mengalami kekambuhan gejala setelah makan nanas, namun penderita GERD memiliki kemungkinan mengalami kekambuhan gejala setelah makan buah ini. Sebenarnya nanas adalah buah yang agak asam, memiliki pH 3-4. Jadi, jika Anda memiliki asam lambung, sebaiknya kurangi konsumsi nanas.

5. Cabai

Cabai merupakan salah satu jenis buah yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Hal ini disebabkan komponen capsaicin yang memberikan rasa pedas pada cabai dapat menyebabkan iritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Cabai, bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan atau memperparah gejala asam lambung.

Kesimpulan

Batasi konsumsinya jika belum bisa menghilangkan asam lambung secara total dari pola makan sehari-hari. Selanjutnya, cobalah untuk menghindari makan buah-buahan yang disebutkan di atas sebanyak mungkin. Pilihlah buah yang cocok untuk penderita asam lambung, seperti pisang, melon, pepaya, alpukat, dan semangka.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category