Health

Sayuran Yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

By Erwin |

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung sangat direkomendasikan bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung. Hal ini disebabkan kandungan serat yang tinggi pada sayuran, serta sejumlah nutrisi penting yang membantu meredakan gejala atau mengontrol produksi asam lambung yang berlebihan.

Penyakit asam lambung yang sering dikenal dengan GERD ini dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati, terutama setelah makan atau saat berbaring. Gejala asam lambung lainnya antara lain rasa pahit di mulut, mual, kembung, muntah, sakit tenggorokan, bahkan sesak dada.

Penyakit ini tentunya dapat mengganggu aktivitas penderita sehingga harus ditangani secara hati-hati. Salah satu solusi paling signifikan untuk asam lambung berlebih adalah mengikuti pola makan sehat. Penderita asam lambung dianjurkan untuk menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung meningkat dan harus mengonsumsi makanan yang lebih “bersahabat” dengan lambung, seperti sayuran untuk asam lambung.

Sayuran untuk Mengurangi Asam Lambung

Sayuran bermanfaat bagi penderita asam lambung karena mengandung serat yang tinggi. Serat telah terbukti meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan meringankan gejala kelebihan asam lambung. Sayuran untuk asam lambung antara lain sebagai berikut:

1. Wortel

Saat asam lambung naik, sebaiknya makan wortel. Sayuran ini kaya akan serat serta vitamin B6 yang dipercaya dapat menangkal asam lambung. Selain itu, vitamin B6 dalam wortel dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti peningkatan kekebalan, stabilisasi suasana hati, dan meredakan gejala PMS.

2. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran lain yang mungkin membantu mengatasi asam lambung. Manfaat kembang kol dalam mengatasi kelebihan asam lambung dapat diperoleh karena memiliki pH tinggi yang bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam. Kembang kol juga tinggi serat, sehingga mengonsumsinya dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi risiko penyakit pencernaan, dan meningkatkan bakteri sehat di usus.

3. Selada

Karena selada mengandung banyak air, memakannya dapat membantu meredakan asam lambung. Selain selada, makanan tambahan yang tinggi akan air dan cocok untuk penderita asam lambung antara lain seledri, timun, apel, dan semangka.

4. Brokoli

Brokoli juga baik untuk penderita asam lambung. Karena tingkat potasiumnya yang tinggi, dapat menetralkan asam. Brokoli, selain tinggi potasium, juga tinggi folat.

Nah, sementara folat diketahui dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, bukti efek positifnya masih terbatas dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

5. Bayam

Magnesium adalah mineral yang memiliki kemampuan untuk menangkal asam lambung yang naik ke kerongkongan. Bayam adalah salah satu tanaman yang tinggi kandungan ini, oleh karena itu memakannya dapat membantu mengatasi masalah asam lambung. Tidak hanya itu, magnesium menawarkan banyak keuntungan lain, termasuk menghilangkan sembelit, menjaga kesehatan tulang, dan bahkan membantu mengatasi insomnia.

Jika Anda sudah mengkonsumsi sayuran untuk asam lambung namun keluhan Anda berlanjut atau malah semakin parah, sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category