Health

Bumil Wajib Tau Agar Janin Sehat! Inilah Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

By Erwin |

Masa kehamilan adalah moment yang sangat ditunggu oleh seorang pasangan yang sudah menikah. Terlebih jika sudah menikah lama tapi belum dikaruniai buah hati. Oleh karena itu pemenuhan akan gizi diperlukan. 

Tidak hanya itu, bumil juga harus mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dibandingkan porsi semula. Jika makanan ibu dalam seharinya tidak dapat memenuhi gizi yang dibutuhkan, kemungkinan perkembangan janin juga akan terhambat. 

Gizi yang cukup di Indonesia digambarkan dalam bentuk Tumpeng Gizi Seimbang atau TGS. TGS dirancang khusus agar setiap orang mampu menentukan kebutuhan makanannya setiap hari. Umumnya kebutuhan makanan disesuaikan dengan usia, baik itu bayi, remaja, dewasa, usia lanjut, atau bumil. 

Bumil harus tau makanan sehat yang penting dan harus dikonsumsi setiap harinya. Tidak hanya baik untuk janin tapi juga kesehatan bumil. Tapi tenang, bagi anda yang belum tau disini akan dibahas jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Simak ulasan berikut!

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Folat Dan Asam Folat 

Folat adalah vitamin B yang berperan untuk mencegah cacat tabung pada bayi. Sedangkan asam folat yaitu zat yang mampu mengurangi resiko kelahiran prematur. Umumnya asupan folat dan asam folat didapat dari makanan seperti kacang-kacangan, telur, sayuran, dan kacang polong. 

Kalsium

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tidak kalah pentingnya. Tujuannya yaitu untuk membentuk tulang dan gigi bayi agar kuat dan tidak mudah patah. Tidak hanya itu, kalsium juga membantu melancarkan sistem peredaran darah, otot, dan saraf. 

Sumber makanan yang mengandung kalsium antara lain susu, yoghurt, keju, ikan, dan seafood yang rendah mengandung merkuri seperti salmon, udang, dan ikan lele. Sedangkan sumber nabatinya yaitu tahu yang mengandung kalium, bayam, ubi jalar, alpukat, pisang. 

Vitamin D Untuk Memperkuat Tulang Dan Gigi 

Bumil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dengan tujuan untuk membantu tulang dan gigi agar kuat. Sumber makanan yang umumnya mengandung vitamin D yaitu ikan salmon, susu atau jus jeruk. Tidak hanya itu, anda juga dapat mendapatkan vitamin D dari sinar UV atau matahari pagi, sekitar jam 9 sampai 10. 

Protein Dan Zat Besi 

Protein adalah zat makanan sehat untuk ibu hamil agar pertumbuhan jaringan, organ, dan otak dalam keadaan baik. Sumber makanan yang mengandung protein antara lain ayam, ikan salmon, kacang-kacangan, selai kacang, kacang polong, keju. 

Zat besi digunakan untuk membantu pertumbuhan sel darah merah. Hal ini penting guna menghindari pendarahan hebat saat persalinan. Sumber makanan yang mengandung zat besi antara lain jeroan, biji buah labu, daging merah, kacang-kacangan, tahu, seafood, zaitun, aprikot kering, kismis.  

Air Putih 

Tidak hanya makanan sehat untuk ibu hamil, minum air putih juga sangat penting untuk kesehatan dan menghindarkan diri dari resiko dehidrasi. Oleh karena itu, bumil dianjurkan konsumsi air putih yang cukup. Sebagai perkiraan setidaknya 1-2 liter setiap harinya. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category