Health

Mengetahui Penyebab Cegukan Beserta Cara Mengatasinya yang Efektif

By Erwin |

Apa penyebab cegukan yang dapat terjadi pada semua orang? Anda yang belum mengetahuinya dan sangat penasaran, silahkan membaca disini karena akan menguraikannya mendetail. Dengan begitu, Anda mengetahui penyebabnya hingga bisa mengatasi cegukan tersebut.

Cegukan memang bisa terjadi kepada anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, bayi juga bisa mengalami cegukan yang tidak perlu dikhawatirkan karena normal terjadi. Banyak orang menganggap cegukan terjadi karena berkaitan dengan aktivitas makan dan minum.

Mengenal Cegukan Beserta Penyebabnya

Dilihat dari bidang medis atau kesehatan, cegukan merupakan kondisi kejang pada otot diafragma yang menjadikan suara disertai gerakan di bagian mulut. Biasanya, kondisi semacam itu berlangsung tidak berlangsung lama.

Namun demikian, ada juga kasus cegukan lama yang tentu saja berkaitan dengan masalah kesehatan orang tersebut. Anda semua tentu sudah pernah mengalami cegukan, bukan? Maka dari itu, Anda bisa merasakan sendiri saat cegukan terjadi. 

Sebenarnya, cegukan tidak menjadi masalah kesehatan berarti bagi tiap orang yang mengalaminya. Mungkin hanya mengganggu sedikit saat dalam suasana formal atau resmi karena cegukannya mengeluarkan suara yang bila didengar cukup lucu.

Lalu, apa penyebab cegukan yang perlu diketahui informasinya? Perlu Anda ketahui bahwa cegukan secara umum disebabkan oleh hal-hal yang umum dan tidak ada kaitannya dengan penyakit. Misalnya, makan dan minum yang terlalu cepat, sehingga gerakan mulut dan di sekitarnya bisa menjadikan kejang di bagian diafragma.

Penyebab lainnya, yaitu merokok dan meminum minuman beralkohol. Dimana kedua aktivitas buruk tersebut secara umum memang sangat merugikan kesehatan tubuh. Meskipun dalam kenyataannya, penurunan kualitas kesehatannya akan terasa bertahap atau sedikit demi sedikit.

Bagaimana Cara Meredakan Cegukan?

Setelah mengetahui apa itu cegukan beserta penyebabnya, Anda juga perlu mengenal cara atau langkah untuk meredakannya. Para orang tua kita dulu menyuruh berbagai hal untuk bisa meredakan cegukan saat mengalaminya.

Beberapa diantaranya memang efektif untuk menghentikan cegukan, seperti meminum air dingin. Selain itu, ada beberapa cara lagi yang bisa Anda praktekkan untuk menghentikan cegukan. Mulai dari bernapas dalam kantung kertas, menahan napas beberapa detik, dan berkumur dengan air es lalu meminumnya.

Namun jika setelah mempraktekkan beberapa cara tersebut ternyata cegukannya belum berhenti. Apalagi Anda sudah mengalaminya lebih dari satu hari. Jika seperti itu, silahkan untuk memeriksakan diri ke dokter secepatnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang berkaitan dengan masalah pada kesehatan Anda. Siapa tahu ada organ tubuh Anda yang bermasalah, sehingga bisa segera diobati dan disembuhkan.

Jadi, cegukan yang umum dirasakan dan dialami oleh banyak orang tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Anda berpikiran positif saja bahwa cegukan semacam itu hanya masalah sepele dan dapat dihentikan secepatnya. Lagipula Anda sudah mengetahui perihal penyebab cegukan beserta cara mengatasinya seperti diuraikan diatas.

Share

Trending Article

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

Inilah Cara Melakukan Gerakan Kayang Adalah

Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Bantu Kembalikan Kepercayaan Diri!

Langkah-Langkah Dan Tips Penting Cara Melakukan Push-Up Yang Benar

Tips Dan Trik Yang Efektif Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Article Category