Health

Anda Mengalami Kendala Vaksinasi? Begini Cara Cek NIK di PeduliLindungi

Perdulilindungi kini menjadi suatu hal yang penting dan dibutuhkan oleh banyak orang berkaitan dengan kondisi pandemi ini, bahkan NIK yang anda punya sudah harus tersambung dengan PeduliLindungi. Namun, terdapat kemungkinan juga NIK yang anda masukan salah, sehingga anda perlu memahami cara cek NIK PeduliLindungi.

Jika NIK yang dimasukkan salah, maka data anda di PeduliLindungi juga tidak akan keluar dan apalagi sertifikat vaksin anda tidak akan bisa muncul. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan menggencarkan penggunaan PeduliLindungi melalui aplikasi Hp, sehingga akan lebih mudah dan praktis.

Cara Cek NIK di PeduliLindungi

Penggunaan PeduliLindungi sudah sangat mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi pada smartphone anda. Agar anda terhindar dari permasalahan tak terduga ketika berada di tempat umum  atau sedang dalam perjalanan, maka anda sebaiknya mengecek kebenaran data di PeduliLindungi dengan menggunakan cara berikut ini:

  1. Download aplikasi PeduliLindungi melalui playstore atau appstore pada Hp anda, kemudian anda dapat melakukan registrasi dengan menggunakan email atau nomor ponsel.
  2. Setelah itu, aplikasi tersebut akan terbuka dan anda akan masuk pada tampilan menu utama,
  3. Klik tulisan “Akun” yang ada pada pojok kanan atas.
  4. Lalu klik icon pensil di sebelah nama, kemudian akan ada tampilan data diri dan NIK anda.
  5. Lakukan pengecekan kesesuaian NIK Anda dengan yang terdapat pada KTP. 
  6. Jika sudah melakukan vaksinasi, anda juga perlu memastikan untuk cek NIK perdulilindungi yang ada pada sertifikat vaksin dengan cara klik “Akun” selanjutnya klik “Sertifikat Vaksin”.
  7. Selanjutnya akan muncul nama Anda. Klik nama tersebut untuk melihatnya dan kemudian akan tampil sertifikat vaksin. Anda perlu melakukan pengecekan NIK secara detail.

Bagaimana Cara Mengatasi NIK Salah

Terdapat beberapa permasalahan yang dikeluhkan warga terkait dengan data yang tertera dalam sertifikat vaksin itu salah. Bahkan terdapat warga yang sudah vaksin, namun sertifikatnya tidak kunjung didapatkan. 

Langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu anda dapat menghubungi 119 ext 9  yaitu hotline Kementerian Kesehatan agar kesalahan data anda dapat segera diperbaiki.

Selain menggunakan cara tersebut, anda juga dapat melakukannya dengan mengirimkan aduan secara pribadi maupun kelompok melalui e-mail PeduliLindungi. Akan tetapi penulisan aduan melalui email tentunya harus tetap sopan dan resmi. Berikut ini beberapa data diri yang harus anda persiapkan dan dikirim bersamaan menggunakan emailnya.

  • Nama lengkap
  • NIK atau Kartu Identitas (KTP)
  • Mencantumkan Tempat dan tanggal lahir
  • Nomor ponsel Yang Aktif
  • Isi keluhan yang di catat secara jelas 
  • Foto selfie menggunakan KTP, sebagai verifikasi data.