Health

Cara Download Sertifikat Online PeduliLindungi, Aplikasi dan Web Resmi

Pandemi Covid-19 yang berlarut selama 2 tahun terakhir, membawa banyak perubahan dalam sendi kehidupan. Penanganan di masa kini tentu tidak bisa dilepaskan dari penggunaan perangkat digital. Termasuk dalam pendataan warga yang sudah divaksin, terdapat sertifikat online vaksin.

Pemerintah menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kemudian mengembangkan aplikasi PeduliLindungi yang digunakan untuk mempercepat alur penyebaran vaksin, dan penanganan covid. Bahkan, dalam hal vaksin, sertifikat online PeduliLindungi menjadi salah satu syarat wajib untuk banyak hal.

Hal ini sangat memudahkan, karena masyarakat tidak perlu lagi membawa surat hasil vaksin ke mana-mana. Ulasan kali ini akan membahas tentang cara mendapatkan sertifikat vaksin online dari PeduliLindungi, baik dari aplikasi maupun laman web.

Sertifikat Online PeduliLindungi dari Aplikasi

Aplikasi resmi hasil pengembangan Kementerian Kesehatan ini bisa anda dapatkan langsung dari playstore, dan bisa langsung digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus menyalakan GPS, untuk membantu mempermudah pemberian informasi. 

Setelah mengunduh aplikasinya dari Play Store, langsung jalankan, kemudian lakukan Registrasi kalau anda belum memiliki akun. Ketuk tombol Register, dan masukkan nama lengkap, dan anda juga bisa memilih hendak mendaftar menggunakan e mail atau nomor telepon. 

Email atau nomor telepon yang anda masukkan nantinya akan menjadi tempat konfirmasi pendaftaran anda, yang akan dikirimkan nomor OTP. Masukkan nomor OTP yang anda dapatkan, dan ketika sudah berhasil login, klik kolom nama anda di bagian kanan atas, untuk memeriksa sertifikat online PeduliLindungi anda. 

Ketuk pada sertifikat terakhir yang ada, kemudian di bagian kanan bawah, akan anda temukan download untuk mengunduh PeduliLindungi Sertifikat Online Vaksin.

Sertifikat Online PeduliLindungi dari Website

Berikutnya adalah cara mendapatkan sertifikat Vaksin Online dari PeduliLindungi di web. Pertama akses PeduliLindungi.id di browser, kemudian lakukan Log In dengan akun yang sudah didaftarkan. Sekali lagi anda akan mendapatkan kode OTP untuk memastikan yang masuk benar-benar anda.

Selain itu, anda juga harus mencentang konfirmasi bahwa anda bukanlah robot, atau mengisi captcha, baru kode OTP akan dikirimkan ke email atau nomor telepon yang anda masukkan. Setelah itu, klik nama anda yang berada di bagian kanan atas.

Akan muncul beberapa menu ke bawah, kemudian tekan sertifikat vaksin untuk PeduliLindungi cek sertifikat vaksin. Setelah itu anda akan diarahkan ke laman dengan tulisan nama anda, klik saja dan sertifikat vaksin anda akan ditunjukkan.

Klik pada vaksin terakhir yang ada, dan sertifikat akan ditampilkan. Masih sama dengan di aplikasi, di bagian pojok kanan bawah, tertera Tulisan unduh sertifikat dengan ukuran besar. Klik tombol tersebut dan sertifikat vaksin anda akan otomatis terunduh.

Itulah ulasan singkat tentang Sertifikat Online PeduliLindungi dan cara untuk mengunduhnya baik dari aplikasi maupun website resmi PeduliLindungi.