Lifestyle

Tak Hanya Menangkal Virus, Cek Cara Kerja Air Purifier dan Rekomendasi Terbaik Untuk Anda

Meningkatnya tingkat polusi udara baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat, udara dalam ruangan bisa lima kali lebih tercemar daripada udara luar. Hal ini karena, udara dalam ruangan tidak tersirkulasi sebanyak udara luar, banyak polutan udara terus berkembang di dalam. Untuk itu saat ini banyak dijual air purifier, atau alat pembersih udara yang akan membantu Anda meminimalisir efek pencemaran udara ini.

Air purifier dapat menyegarkan udara pengap, mengurangi kemungkinan masalah kesehatan yang disebabkan oleh polutan dalam ruangan, yang dapat memicu infeksi pernapasan, masalah neurologis, atau memperburuk gejala pada penderita asma. Air purifier berkualitas dapat menghilangkan beberapa jenis polutan udara dalam ruangan, menjaga tubuh tetap sehat. Air purifier dengan filter teknologi HEPA dapat menghilangkan 99,7 persen partikel udara yang beredar di lingkungan rumah Anda. Menghilangkan polutan ini dapat menghasilkan beberapa manfaat kesehatan jangka pendek dan jangka panjang seperti kualitas tidur yang lebih baik dan peningkatan harapan hidup.

Cara Kerja Air Purifier

Cara kerja air purifier cukup sederhana. Begitu dinyalakan, udara di dalam ruangan akan tersedot dengan bantuan kipas dan ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang air purifier. Setelah filter menyaring udara, air purifier akan menyalurkan kembali udara yang bersih melalui penyalur yang berada di depan. Udara yang dikeluarkan tentunya sudah menjadi segar dan bebas polusi karena debu, kuman, bakteri, partikel di dalam udara sudah disaring terlebih dahulu.

Manfaatnya Air Purifier untuk Kesehatan

Penggunaan air purifier disinyalir bisa membantu mengurangi polusi udara di dalam ruangan. Alat ini dilengkapi dengan kipas dan filter yang cukup efektif untuk mengubah udara ruangan yang kotor menjadi lebih bersih dengan cara mengisap, lalu menyaring udara di dalam ruangan tersebut. Ternyata, selain mencegah polusi udara di dalam ruangan, masih banyak lagi manfaat air purifier untuk kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  1. Melindungi dari Alergen
    Alat ini bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari pemicu alergi, tetapi bukan sebagai obat. Tetap saja, alergi harus disembuhkan dengan menghindari pemicunya, tetapi untuk kondisi ini, air purifier hanya digunakan bagi orang-orang yang memiliki alergi debu dan bulu. 
     
  2. Mengurangi Pemicu Asma
    Siapa sangka, ternyata rumah menjadi pemicu asma yang paling banyak ditemukan. Pemicu tersebut dapat berupa sel kulit kering, kotoran, debu, karbon monoksida, pembersih rumah tangga, semprotan penyegar udara, asap dari masakan, produk cat, kosmetik, parfum, dan hairspray.
    Selain itu, mungkin juga terdapat spora jamur atau kecoa yang keduanya juga merupakan pemicu terjadinya serangan asma. Jika tidak dikeluarkan dari udara, partikel zat ini dapat terhirup dan menyebabkan mengi di antara gejala asma lainnya. Pasalnya, partikel kecil di udara dapat menyebabkan kerusakan paling buruk bagi pengidap asma. Oleh karena itu, menggunakan air purifier yang secara khusus menghilangkan kotoran mikroskopis sangat ideal untuk membantu meringankan gejala asma.
     
  3. Mencegah Penyakit Paru dengan Menangkap Asap Rokok
    Menghirup asap tembakau dapat menyebabkan perkembangan penyakit paru obstruktif kronik serta penyakit jantung. Efek samping lain dari tembakau atau asap rokok termasuk infeksi telinga, asma, pneumonia, dan bronkitis. Perokok pasif sama berbahayanya terutama bagi anak-anak karena organ paru-paru mereka masih berkembang dan tingkat pernapasan mereka lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Sementara itu, lansia berisiko lebih tinggi terkena demensia jika terpapar asap rokok.
    Menggunakan air purifier disinyalir dapat membantu menghilangkan asap rokok yang mengendap di ruangan dengan menggunakan filter HEPA dan karbon aktif. Filter tersebut dapat menghilangkan partikel pada 0,3 mikron dan asap rokok dapat berkisar dari 4 hingga 0,01 mikron, yang berarti bahwa sebagian besar asap rokok atau tembakau dapat ditarik ke alat pembersih di mana ia akan terperangkap.

Rekomendasi Air Purifier yang Tepat

Bowin Air Purifier - Oxy Mini (3in1 True HEPA, ANION, Karbon Filter)

Polusi, asap kendaraan, debu, PM2.5 mikropartikel beracun tidak hanya mudah dijumpai di luar ruangan, tapi tanpa disadari juga banyak masuk dalam ruangan tempat kita & keluarga beraktivitas sehari-hari.

Bowin Air Purifier - Oxy Fresh HALO (Filter HEPA 13 & Karbon Aktif)

Bakteri, debu, kuman, dan polusi beracun yg berukuran PM2.5 tanpa disadari juga banyak masuk dalam ruangan tempat kita dan keluarga beraktivitas. PM2.5 adalah mikropartikel beracun tak kasat mata berukuran 2.5 mikrometer / hanya 3% dari diameter rambut manusia. Bila masuk dalam tubuh, menyebabkan penyakit pernapasan, paru, asma, hingga jantung.


 

Sumber: 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/manfaat-air-purifier-untuk-kesehatan/