Lifestyle

Wheatgrass, Sejuta Manfaat Dari Alam Untuk Kesehatan

Tumbuhan bisa dibilang merupakan salah satu komponen penting yang ada di bumi. Mereka tak ada habisnya memberikan manfaatnya, baik untuk bumi, manusia maupun makhluk hidup lainnya. Tumbuhan ini sendiri bahkan sering dibilang mempunyai fungsi vital karena mampu menjadi sumber oksigen di dunia, yang mana itu menjadi sumber kehidupan bagi manusia atau satwa. 

Khusus untuk manusia, tumbuhan ini ada berbagai jenis serta memberikan banyak manfaat. Mulai dari yang pertama disebutkan tadi yaitu sumber oksigen, kemudian bisa menjadi sumber pangan, bahkan hingga bisa bermanfaat sebagai obat-obatan. Karena pada dasarnya ada beberapa tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Salah satu hasil alam yang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan adalah wheatgrass atau yang lebih dikenal dengan rumput gandum.

Apa itu wheatgrass atau rumput gandum?

Wheatgrass atau rumput gandum merupakan makanan yang terbuat dari tanaman Triticum Aestivum. Rumput gandum dianggap menjadi salah satu makanan kesehatan super karena mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Pada umumnya banyak orang yang mengonsumsi rumput gandum ini dengan diolah menjadi minuman jus, tapi kini mulai banyak yang menjual bubuk rumput gandum di pasaran. 

Banyak pakar kesehatan yang mulai meneliti kebaikan rumput gandum sebagai makanan yang baik bagi kesehatan. Para peneliti mulai menemukan bahwa rumput gandum ini bisa menjadi sebagai tonik atau cairan penyegar badan yang bisa mengobati penyakit tertentu. Walaupun kenyataannya penelitian ini masih terus berlanjut untuk memastikan kebenarannya. Namun sampai sejauh ini, banyak peneliti sudah sepakat bahwa rumput gandum memiliki potensi yang baik untuk kesehatan.

Manfaat wheatgrass untuk kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih banyak penelitian yang dilakukan untuk memastikan manfaat dari rumput gandum ini. Namun setelah beberapa penelitian dilakukan, ada fakta yang menyebutkan bahwa rumput gandum ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Wheatgrass atau rumput gandum ini dianggap sebagai superfood karena mempunyai kombinasi nutrisi yang kuat sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Rumput gandum juga memiliki banyak manfaat terpeutik dan dikenal sebagai makanan pelengkap. Kombinasi vitamin dan nutrisi yang ekstensif dapat membuat rumput gandum menjadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kesehatan.

Wheatgrass kaya akan asam amino, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain Vitamin A, E, C, K, dan B6. Sedangkan mineral yang terkandung di dalamnya adalah kalsium, selenium, magnesium, dan zat besi. Walaupun mempunyai berbagai kandungan lengkap, tanaman ini hanya mengandung sedikit protein. Namun tenang saja, kandungan protein tersebut sudah diimbangi dengan kandungan rumput gandum yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Menengok dari beberapa kandungan tersebut, berikut ada beberapa fakta mengenai rumput gandum yang berpotensi baik bagi kesehatan.

  1. Menghilangkan racun dalam tubuh
    Nutrisi yang terdapat di rumput gandum dapat membantu tubuh membuang kotoran dan racun yang tersimpan karena kandungan klorofil yang membantu proses detoksifikasi atau pembersihan. Setelah tubuh dibersihkan, kamu bisa merasakan peningkatan energi dan kesehatan yang lebih baik secara menyeluruh.
     
  2. Membantu fungsi pencernaan
    Wheatgrass mengandung enzim yang tinggi sehingga bisa membantu pencernaan dalam memecah makanan dan menyerap nutrisi. Kondisi ini tentunya bisa membantu fungsi pencernaan dalam tubuh. Selain itu, rumput gandum juga bisa meringankan permasalahan pencernaan seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar dan masalah lainnya.
     
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Rumput gandum bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang mana secara tidak langsung bisa mencegah tubuh terserang berbagai infeksi atau penyakit. Ditambah lagi, kamu juga bisa merasakan kekebalan kamu bekerja pada tingkat yang optimal. Walaupun pada akhirnya tubuh kamu pada akhirnya terkena penyakit, sistem kekebalan tubuh inilah yang akhirnya membuat kamu bisa lebih cepat pulih.
     
  4. Menurunkan kadar kolesterol
    Rumput gandum juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol berat badan. Dengan menurunnya kadar kolesterol, maka kamu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
     
  5. Memberikan energi lebih
    Dengan bantuan dari rumput gandum ini, tingkat energi kamu bisa menjadi lebih tinggi setelah kamu mengonsumsi makanan. Kondisi ini dikarenakan sifat rumput gandum yang bisa menyerap nutrisi serta memecah makanan secara maksimal. Dengan energi lebih yang didapat, kamu bisa aktivitas kamu sehari-hari akan lebih lancar dan juga tetap menjaga tubuh kamu terus bugas. 
     
  6. Menurunkan tekanan darah
    Rumput gandum bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ini terjadi karena molekul klorofil mirip dengan hemoglobin yang bisa meningkatkan jumlah sel darah. Selain itu, rumput gandum juga bisa menormalkan tekanan darah, memurnikan darah hingga meningkatkan sirkulasi darah.
     
  7. Mengurangi risiko diabetes
    Rumput gandum juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes karena memiliki senyawa yang memiliki efek yang mirip dengan insulin. Kemudian tanaman ini bisa menurunkan indeks glikemik makanan yang tentunya berefek positif pada kadar gula darah.
     
  8. Membantu meringankan radang sendi
    Sifat anti-inflamasi yang dimiliki rumput gandum dapat meringankan beberapa masalah pada sendi seperti kaku, nyeri dan bengkak. Dengan mengonsumsi rumput gandum, kamu bisa menghindari beberapa masalah sendi yang membuatmu tidak nyaman beraktivitas.

Adakah efek samping ketika mengonsumsi wheatgrass atau rumput gandum?

Ada beberapa tips yang harus kamu terapkan sebelum mengonsumsi tanaman satu ini, salah satunya kamu harus membeli rumput gandum ini hanya dari pemasok terpercaya atau toko kesehatan dengan reputasi yang baik. Cobalah untuk memastikan bahwa rumput gandum ini ditanam serta dibersihkan dengan benar untuk menghindari risiko bakteri dan jamur yang berbahaya.

Jika kamu baru pertama kali mengonsumsi rumput gandum, ada baiknya jika kamu memulainya dengan dosis kecil dan bertahap. Dengan begini tubuh kamu akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dalam pengonsumsian rumput gandum ini. Ada beberapa dosis yang harus diperhatikan, di antaranya:

  • Untuk dosis dalam bentuk cairan berkisar antara 1 hingga 4 Oz atau sekitar dua suntikan.
  • Dalam bentuk bubuk basa adalah 3-5 gram atau sekitar 1 sendok teh.
  • Jika dalam kemasan minuman berada di kisaran 8 ons

Kemungkinan efek samping yang bisa dialami ketika mengonsumsi tanaman ini adalah mual, sakit kepala, sembelit, sakit perut, hingga demam. Gejala-gejala ini biasanya mengurang dalam kurun waktu dua minggu atau setelah tubuh bisa menyesuaikan dengan pengonsumsian rumput gandum.

Jangan mengonsumsi rumput gandum jika kamu dalam kondisi hamil atau menyusui. Reaksi alergi juga biasanya bisa terjadi di beberapa orang, terutama bagi kamu yang alergi terhadap gandum atau rumput. Selain itu tanaman ini juga tidak direkomendasikan bagi kamu yang memiliki kelainan darah, penyakit celiac atau intoleransi gluten.

Selain dalam berbagai kemasan dan dosis yang bisa disebutkan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari wheatgrass ini dalam bentuk suplemen untuk meminimalisir efek sampingnya. Salah satu produk rekomendasi yang bisa kamu pilih sebagai suplemen setiap harimu adalah Wellness Wheat Grass, dan tentunya kamu bisa mendapatkan suplemen ini di www.naturalfarm.id.

Untuk mengetahui informasi produknya secara lengkap, kamu bisa cari tahu di bawah ini.

Info Produk

  • Tiap 1 tablet Wellness Wheat Grass mengandung 500 mg Wheatgrass.
  • Wheatgrass merupakan salah satu superfood yang di dalamnya mengandung vitamin, mineral, asam amino, chlorophyl, phytonutrient, enzim dan protein.

Manfaat

  • Berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.
  • Meningkatkan imunitas dan energi.
  • Menjaga kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah sehingga meningkatkan transport oksigen ke sel.
  • Sebagai anti aging dan anti kanker.
  • Menjaga kesehatan otak, sistem saraf, pencernaan, kulit, gigi, gusi, mata, otot dan sendi.
  • Menguatkan tulang, gigi dan mengatur irama jantung.
  • Komposisi asam amino yang lengkap untuk meningkatkan imunitas, mempercepat penyembuhan luka, peremajaan kulit, sumber energi, membersihkan & meregenerasi sel-sel ginjal dan hati.
  • Diketahui terdapat berbagai enzim alami dan aman, termasuk SOD (superoxide dismutase) sebagai anti aging, anti radang, dan mencegah serangan jantung.
  • Membantu mengontrol masalah berat badan seperti obesitas dengan cara meningkatkan metabolisme (BMR) dan kekuatan pencernaan sehingga mengurangi lemak di tubuh.
  • Seratnya dapat memberi rasa kenyang
  • Wheat Grass bekerja dengan makanan membersihkan tumpukan mukus di usus supaya absorpsi bekerja maksimal.
  • Membantu penanganan hipertensi dan hiperkolesterolemia

Petunjuk Penggunaan

3 kali sehari 1 tablet

Harga: Rp 180.000