Health

Cara Memutihkan Gigi yang Baik dan Benar

Memiliki gigi yang bersih dan putih adalah impian dari banyak orang, tapi faktanya banyak dari kita yang malas untuk merawat gigi kita sendiri. Imbas dari rasa malas itu yang menjadi rasa sesal untuk diri kita sendiri, lalu bagaimana jika sudah terlanjur ? Pas banget sekarang kita akan bahas bagaimana cara memutihkan gigi, yuk simak baik – baik yah.

Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Permasalahan gigi kuning memang masalah yang cukup umum ditemui pada masyarakat kita, penyebab gigi kuning ini pun beragam. Salah satu penyebab permasalahan gigi kuning adalah kandungan kromogen atau zat warna dalam makanan dan minuman yang menjadi penyebab utama gigi kuning. 

Zat warna yang terkandung pada makanan dan minuman ini dapat menimbulkan adanya noda pada lapisan enamel gigi. Begitu pula dengan tingkat keasaman yang terkandung dalam makanan dan minuman juga dapat menjadi penyebab dari kuningnya gigi, karena kadar asam tinggi yang terkandung dalam makanan dan minuman inilah yang kemudian akan mengikis lapisan tersebut.

Beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab menguningnya gigi diantaranya adalah kopi, teh, buah berwarna pekat dan permen. Kopi dan teh Kopi memiliki kandungan kromogen yang cukup tinggi. Kromogen adalah sebuah  zat warna yang dapat meninggalkan noda pada enamel gigi, sehingga dapat mengakibatkan warna putih pada enamel gigi tertutupi.

Selain itu juga, pada kopi memiliki kandungan tanin dan asam yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi dapat memengaruhi warna gigi Anda.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita dapat melakukan tindakan pencegahan, tindakan pencegahan tersebut terdiri dari :

  • Kurangi jumlah konsumsi makanan dan minuman yang dapat  menjadi pemicu noda.
  • Kemudian tindakan pencegahan yang lain adalah dengan menggunakan sedotan saat menikmati minuman jus, minuman bersoda, minuman energi, es teh, dan es kopi.
  • Kemudian kamu perlu mengkonsumsi air putih setelah makan dan minum.
  • Dan jika kamu suka susu kamu juga bisa mengkonsumsi susu setelah kamu mengonsumsi makanan dan minuman asam, karena susu dapat menetralkannya.
  • Selalu usahakan untuk segera berkumur setelah makan atau minum.
  • Selalu bisakan untuk menyikat gigi dan melakukan flossing setelah makan.

Tetapi jika sudah terlambat untuk melakukan pencegahan kamu dapat melakukan beberapa cara memutihkan gigi, caranya pun mudah dan bahan yang digunakan pun juga sering kita temui dalam kehidupan sehari – hari.

Cara memutihkan gigi dengan alami merupakan salah satu cara memutihkan gigi yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, caranya pun beragam yaitu diantaranya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis.

Yups, jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini merupakan cara yang sering digunakan banyak orang karena selain harganya yang terjangkau jeruk nipis juga mudah untuk didapatkan. 

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dapat dilakukan seperti cara berikut :

  • Pertama potong dan kemudian peras 1 buah lemon atau 2 buah jeruk nipis.
  • Kemudian setelah itu masukkan air perasaan jeruk ke dalam satu gelas air hangat.
  • Lalu gunakan air campuran tersebut untuk berkumur, bukan diminum yah..
  • Cara ini dapat dilakukan  sebanyak 3x dalam sehari agar bakteri benar-benar hilang

Sekarang pun sudah ada banyak sesuatu yang alami yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan gigi kuning ini, salah satu obatnya bisa langsung cek naturalfarm.id.