Health

Kenali Penyebab Flu dan Batuk dan Rekomendasi Obat Paling Ampuh

Flu dan batuk menjadi penyakit yang sudah umum dan paling sering terjadi pada mayoritas manusia di muka bumi ini. Hal ini terjadi ketika terjadinya infeksi virus dengan kadar ringan pada saluran pernapasan bagian atas. Perlu diketahui juga, virus flu dan batuk dapat menular melalui udara, atau benda yang disentuh setelah terkena paparan virus yang telah ditularkan.

Seseorang yang menyentuh area mata, hidung, mulut tanpa memastikan tangan dalam keadaan bersih juga dapat memicu terjadinya flu dan batuk. Selain itu, debu di jalanan pun turut andil dalam menyebabkan hal ini terjadi.

Untuk mengobatinya, ada beberapa merk obat flu dan batuk paling ampuh yang terjual di pasaran hingga marketplace seperti NaturaFarm.

Gejala terkena flu dan batuk

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang akan Anda alami ketika sedang flu dan batuk:

  1. Bersin secara terus menerus
  2. Hidung yang tersumbat dan berair
  3. Batuk batuk
  4. Demam yang ringan
  5. Mata berkaca-kaca
  6. Sendi dan otot terasa pegal-pegal
  7. Penciuman yang kurang 
  8. Sakit kepala

Walaupun sering kali dianggap lumrah terjadi, namun perlu diingat bahwa kita tidak boleh menyepelekan penyakit sekecil apapun. Periksalah ke dokter dengan segera saat mengalami gejala-gejalanya dan cegah hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut terjadi.

Mencegah terjadinya flu dan batuk

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya flu dan batuk.

  1. Membersihkan tangan menggunakan cairan pembersih seperti hand sanitizer atau pencuci tangan lainnya
  2. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
  3. Mengonsumsi makanan yang bergizi
  4. Minum air putih yang cukup
  5. Hindari dan jaga jarak dari orang yang sedang mengalami flu dan batuk karena dapat menular melalui udara
  6. Pastikan semua barang-barang yang Anda gunakan sehari-hari bersih dan bebas debu
  7. Jangan konsumsi gorengan dan es secara berlebihan

 

Rekomendasi obat flu dan batuk yang ampuh

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat flu dan batuk yang dapat membantu meredakannya.

1. Procold flu dan batuk

Rekomendasi pertama datang dari merk procold, obat ini berbentuk kaplet yang mengandung paracetamol, dextromethorphan HBr, dan pseudoefedrin yang mampu meredakan flu dan batuk. Obat ini aman dikonsumsi dari usia 6 hingga 12 tahun dan orang dewasa. Untuk dosisnya sendiri, usia 6-12 tahun dianjurkan ½ kaplet selama 3x sehari. Dan untuk orang dewasa dianjurkan 1 kaplet selama 3 kali sehari.

2. OBH Combi batuk & pilek

Obat ini berbentuk sirup yang mengandung bahan-bahan seperti dekongestan, anthistamin, analgesik antipiretik, dan ekspektoran yang dapat meredakan flu dan batuk. Obat ini untuk orang dewasa, karena untuk anak, ada jenis lainnya. Takaran minumnya adalah 15 ml dalam tiga kali sehari.

3. Vicks formula 44

Berbentuk sirup dan memberikan rasa mint segar setelah dikonsumsi, membuat hidung dan tenggorokan menjadi fresh sehingga terasa sedikit lega dari flu dan batuk yang sedang dialami. Untuk orang dewasa, dapat mengonsumsi 10 ml dalam tiga-lima kali sehari, untuk anak-anak dianjurkan setengah sendok takar yang ada pada kemasan dalam tiga sampai lima kali sehari.

Semua jenis obat di atas dapat Anda temukan dan beli di NaturaFarm. NaturaFarm sendiri merupakan toko kesehatan online yang menyediakan berbagai obat-obatan dan penunjang kesehatan lainnya dengan lengkap. Sistemnya yang online memudahkan Anda untuk bertransaksi dari berbagai daerah.

Sekian pembahasan mengenai obat flu dan batuk, semoga bermanfaat.