Health

Beginilah Cara Mendapatkan QR Code PeduliLindungi

Melalui artikel berikut ini akan dijelaskan terkait dengan cara mendapatkan QR code PeduliLindungi. Sudah tidak asing lagi bahwa ketika berada di tempat umum seperti kantor, mall, dan lain sebagainya sudah harus menggunakan QR code PeduliLindungi untuk melakukan skrining para pengunjung yang masuk.

Cara Memperoleh QR Code PeduliLindungi

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa memperoleh QR code PeduliLindungi:

Mengirimkan Surat Permohonan ke Kemenkes

Pemohon mengajukan sebuah surat permohonan untuk mendapatkan QR code PeduliLindungi ke email Pusat Data dan Informasi atau Pusdatin Kementerian Kesehatan. Alamat email tersebut adalah pusdatin@kemkes.go.id. Setelah itu tunggulah hingga Anda menerima balasan email.  

Format Surat Permohonan ke Kemenkes

Agar Anda tidak bingung ketika mengirimkan email, pihak Kemenkominfo telah memberikan contoh format cara mendapatkan QR code PeduliLindungi. Format tersebut sebagai berikut:

Nomor Surat:

Tanggal:


 

Kepada Yth,

Kepala Pusat Data dan Informasi

Kementerian Kesehatan RI


 

Dengan hormat,


 

Dalam rangkat meningkatkan upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid 19 di lingkungan wilayah kerja / perkantoran kami PT….. / instansi……. Bersama ini kami mohon untuk dapat diberikan QR Code PeduliLindungi yang akan kami tempatkan di setiap akses masuk / keluar lokasi gedung perkantoran kami.

 

Adapun koordinator penanggung jawab dalam pendistribusian QR Code PeduliLindungi di I lokasi gedung perkantoran kami adalah
 

Nama:

Jabatan:

Email:

 

Demikian permohonan untuk bisa memperoleh QR Code PeduliLindungi ini kami sampaikan. Atas kerja sama dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah Anda selesai mengirimkan email, maka Anda akan menerima sebuah formulir pendaftaran. Formulir tersebut harus Anda isi sesuai dengan data yang diminta. Data yang harus diisi tersebut adalah nomor telepon, nama tempat, kategori kegiatan, provinsi, kota, dan alamat email.

Aktivasi

Setelah selesai mengirimkan formulir pendaftaran yang telah diisi tersebut, maka Anda akan menerima email yang berisi password dan username agar dapat diaktivasi. Setelah mengaktivasi tersebut, tahap Anda dalam pendaftaran sudah dinyatakan selesai setelah Anda melakukan konfirmasi yang telah dikirimkan melalui email tersebut.

Log in ke Aplikasi PeduliLindungi

Setelah tahap aktivasi terlewati, maka Anda tinggal melakukan log in ke aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan password serta username yang sudah diberikan ketika tahap aktivasi. Setelah log in tersebut, isilah alamat tempat usaha ataupun gedung Anda. Termasuk juga harus meng-upload foto tempat usaha ataupun gedung tersebut.

Itulah beberapa tahap yang dapat dilakukan sebagai cara mendapatkan QR code PeduliLindungi yang dapat Anda jadikan panduan. Lakukanlah proses-proses tersebut supaya QR codenya dapat Anda peroleh. Semoga informasi tersebut bisa Anda terapkan dengan benar dan bermanfaat. Semangat mencoba!