Lifestyle

Ini 9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Gampang!

Banyak orang beranggapan kalau merawat kulit kering cukup menyulitkan. Salah-salah, kulit bisa semakin kering hingga mengganggu penampilan. Padahal, perawatannya tak sesulit yang dipikirkan. Yang terpenting, kamu melakukannya secara teratur dan sesuai. Kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh. Misalnya, membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Itulah sebabnya, penting bagi kamu untuk mengetahui cara merawat kulit kering serta menjaga kesehatan kulit.

Apa Penyebab Kulit Kering?

Kulit yang kering biasanya membuat permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan mengalami iritasi. Masalah kulit kering bisa terjadi secara alami karena lambatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit.  Kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, umumnya dapat dirasakan pada kulit wajah serta area kulit tangan, lengan, dan kaki. Paparan cuaca yang kering, sering mandi menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering dan gatal. Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko kulit kering dapat terjadi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya: 

  1. Udara kering, panas, atau dingin
    Salah satu penyebab kulit kering adalah saat udara kering, panas, atau dingin. Pada kondisi ini, suhu dan kelembapan udara jadi menurun. Akibatnya, kulit kering menjadi tak dapat terhindarkan.
  2. Usia
    Siapa saja dapat mengalami kulit kering, terutama orang lanjut usia. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, penurunan produksi sebum akan mengalami penurunan. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.
  3. Mandi dengan air hangat terlalu lama
    Mandi dengan air panas bisa menjadi penyebab kulit kering apabila dilakukan terlalu lama. Begitu pula apabila kamu menggunakan air hangat dengan durasi yang terlalu lama.
  4. Penggunaan sabun 
    Sabun mandi, mengoleskan sabun cuci muka, produk perawatan kulit, hingga detergen mengandung zat kimia keras yang bisa membuat kulit kering. Umumnya, zat kimia ini mampu menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kelembapan kulit berkurang.
  5. Menggosok kulit 
    Menggosok kulit, terlalu keras dan terutama menggunakan alat gosok tertentu, bisa menyebabkan kulit kering. Adanya gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit bisa berpotensi merusak lapisan kelembapan pada permukaan kulit sehingga membuat kulit terasa kering.
  6. Penggunaan obat-obatan tertentu
    Jika kamu menggunakan obat jerawat pada area kulit wajah dan tubuh kering, risiko kulit kering dan mengelupas mungkin dapat terjadi. Beberapa jenis salep obat jerawat yang dapat menimbulkan efek samping. Selain itu, penyebab kulit kering yang teramat sangat bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik.
  7. Kondisi medis tertentu
    Penyebab kulit kering dan gatal bisa terjadi karena seseorang memiliki kondisi medis tertentu. Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah adalah eksim dan psoriasis. Di samping itu, penyakit penyerta yang dialami seseorang, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal dapat menjadi penyebab kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Mudah

Merawat kulit kering memerlukan perawatan dari dalam dan luar. Berikut cara mengatasi kulit kering yang wajib kamu ketahui.

  1. Hindari Menggunakan Air dengan Suhu Terlalu Panas
    Kamu boleh saja mandi dengan air hangat. Kadar panasnya sekitar satu derajat di atas suhu tubuh yaitu 38OC. Ini karena air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Lalu batasi waktu mandi 5-10 menit.
     
  2. Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering
    Sabun tersebut biasanya mencantumkan label “moisturizing” atau melembapkan. Sedapat mungkin pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi ataupun pewarna.
     
  3. Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit
    Sabun antibakteri dan mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.
     
  4. Minum Air Putih Cukup
    Kulit kering sering kali menjadi pertanda tubuh yang dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi, salah satu cara melembapkan kulit kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, yaitu 1,5-2 liter per hari.
     
  5. Perawatan dari Dalam
    Merawat kulit kering juga harus diupayakan dari dalam, yakni melalui makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, E, omega 3, dan zinc merupakan cara alami mengatasi kulit kering.
     
  6. Gunakan Krim Anti-Peradangan
    Bila kulit kering kamu disebabkan oleh peradangan kulit, berkonsultasilah dengan dokter. 
     
  7. Gunakan Pakaian yang Nyaman
    Hindari penggunaan pakaian yang berbahan wool karena mudah mengiritasi kulit. Sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan katun agar kulit kamu dapat “bernapas”.
     
  8. Gunakan Humidifier
    Udara kering, panas, dan ruang ber-AC membuat kulit semakin kering. Nah, untuk mengatasi kulit kering bersisik, gunakan humidifier untuk menambah kelembapan di dalam rumah.
     
  9. Gunakan Pelembap
    Segera setelah tubuh dikeringkan, gunakan pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Gunakan pelembap alami yang mengandung vitamin E, minyak alpukat, minyak biji aprikot dan vitamin A. Pelembap sebaiknya digunakan untuk mengatasi kulit bersisik, pecah-pecah, dan juga kering. Pemilihan pelembab haruslah diperhatikan. Pelembab berbahan alami dianjurkan digunakan daripada yang tidak. Berikut adalah rekomendasi pelembap untuk Natural Buddy:

Rekomendasi Produk yang Membantu Merawat Kulit Kering

1. Bio Oil Dry Skin Gel

Benefits:

  • Non Comedogenic
  • Lembut digunakan untuk kulit sensitive
  • Teksture gel
  • Oil mudah menyerap dan tidak lengket
  • Penggunaan untuk tubuh dapat juga di wajah
  • Melembabkan dengan cara occlusive, humectants, dan emollient

Suggested Use:

Bio Oil Dry Skin Gel, dapat digunakan keseluruh tubuh, dan pijat dengan gerakan melingkar sampai terserap. Oleskan pada kulit kering sesuai kebutuhan. Gunakan lebih sedikit dari penggunaan cream.

2. Bio Oil Skincare Oil

Benefit:

  • Bekas Luka (scar)
    Bio-Oil membantu menyamarkan bekas luka baru maupun lama.
  • Peregangan kulit (stretch marks)
    Bio-oil diformulasikan untuk membantu mengurangi kemungkinan pembentukan stretch mark dalam masa perubahan ukuran tubuh yang pesat seperti kehamilan, pertumbuhan pada remaja, dan kenaikan berat badan.
  • Warna kulit yang tidak merata
    Bio-Oil membantu menyamarkan noda pigmentasi dan flek yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal, pencerah kulit atau paparan sinar matahari yang berlebihan.
  • Penuaan kulit
    Bio-Oil membantu menghaluskan dan meratakan warna kulit yang mengalami penuaan dan kerutan baik pada wajah maupun tubuh.
  • Kulit kering
    Bio-Oil membantu mengembalikan minyak alami kulit yang hilang oleh faktor-faktor seperti cuaca yang ekstrim, air dengan kandungan kimia yang tinggi, terlalu sering berendam, dan kulit kering akibat pemanas atau AC.

Suggested Use:

  • Bekas Luka (scars)
    Oleskan Bio-Oil pada bekas luka dua kali sehari, pijat lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar sampai benar-benar terserap. Gunakan minimal selama 3 bulan. Jangan digunakan pada kulit yang luka.
  • Peregangan kulit  (stretch marks)
    Pijat Bio-Oil dua kali sehari pada daerah yang paling rentan terhadap stretch marks.
    Selama kehamilan, pijat Bio-Oil  pada bagian perut, pinggul, payudara, punggung bawah, dan paha atas dua kali sehari dari awal trisemester kedua.
    Untuk membantu menyamarkan stretch marks yang ada, oleskan Bio-Oil dua kali sehari, pijat menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar sampai bener-benar terserap. Gunakan minimal 3 bulan.
  • Warna kulit yang tidak merata
    Oleskan Bio-Oil dua kali sehari, pijat lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar sampai benar-benar terserap. Gunakan minimal selama 3 bulan.
  • Penuaan kulit
    Oleskan Bio-Oil dua kali sehari, pijat lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar sampai benar-benar terserap.
  • Kulit kering
    Oleskan Bio-Oil setelah berendam , mandi, berjemur, atau berenang. Pijat lembut pada kulit, berikan perhatian khusus untuk daerah yang kering. Bio-Oil juga ideal digunakan sebagai Bath oil.

Natural Buddy,apakah artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi kulit kering? Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺


 

Sumber:

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-mengatasi-kulit-kering/ 

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/kulit-kering/