Health

Cara Mengatasi Batuk Kering Bisa Kamu Coba Sekarang

Pernah nggak Kamu mengalami batuk kering, kondisi ini muncul biasanya menjadi tanda flu bahkan penyakit yang lain. Meskipun kesannya tidak berbahaya, ada baiknya Kamu mencari tahu cara mengatasi batuk kering ini, sehingga bisa diatasi dan tidak membuat aktivitasmu terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Cara Mengatasi Batuk Kering 

Batuk kering disebut juga batuk yang tidak produktif merupakan batuk yang tidak diikuti oleh lendir juga dahak. Batuk kering biasanya menimbulkan sensasi gatal dan geli di tenggorokan dan sebagai tanda seseorang terkena alergi, flu, naiknya asam lambung, bahkan akibat terkena Covid-19. 

Batuk kering ini secara umum sembuhnya lebih lama dibandingkan batuk biasa, makanya harus segera diberikan penanganan segera dan terbaik. Mengobati batuk kering bisa memakai beberapa cara berikut ini : 

1. Minum air putih 

Kondisi seseorang yang terkena flu atau pilek akan memicu proses terjadinya postnasal drip, yaitu bertambahnya produksi lendir mengalir dari belakang hidung menuju tenggorokan, sehingga membuat seseorang mengalami batuk kering. 

Maka supaya kondisi ini bisa lebih ringan, Kamu disarankan memperbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas per harinya. Minum air putih bisa mengurangi adanya penumpukan lendir, melembabkan tenggorokan, juga meredakan iritasi. 

Jika Kamu bosan minum air putih yang rasanya tawar, bisa dicoba mencampurkan dengan madu, perasan lemon, serta teh hijau. 

2. Meminum jus nanas

Batuk kering ternyata bisa diredakan dengan minum jus nanas, hal ini sesuai penelitian yang menyatakan bahwa jus nanas lebih efektif untuk meredakan batuk dibanding obat batuk biasanya. 

Namun, dari pendalaman tentang penelitian jus nanas sebagai obat batuk kering ini terus dilakukan pengembangan lebih lanjut. Jus nanas juga tidak bisa menggantikan 100% obat batuk yang langsung resep dari dokter. 

3. konsumsi sup hangat 

cara mengatasi batuk kering  selanjutnya adalah mengkonsumsi sup ayam hangat. Sup ayam bahannya ada daging ayam, sayuran, hingga kaldu ayam dalam sup bisa memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi juga cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Nutrisi dan cairan tubuh yang terpenuhi tentu bisa menambah daya tahan tubuh, sehingga bisa melawan virus yang menyebabkan batuk kering serta bisa mencegah terjadinya dehidrasi. 

4. Atur posisi saat tidur 

Kalau batuk kering akibat dari refluks asam lambung, Kamu dapat meredakan dengan mengatur cara tidur yang baik. Cobalah meninggikan posisi kepala dengan menumpuk 2 bantal. Kondisi bertujuan supaya asam lambung tidak naik ke kerongkongan. 

Jangan memakan makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, seperti cokelat  makanan berlemak, kopi, minuman bersoda. 

5. Kunyit

Cara mengatasi batuk kering  bisa menggunakan Kunyit. Rempah-rempah ini mengandung senyawa kurkumin dan memiliki sifat antivirus, antibakteri, bahkan sifat anti-inflamasi ringan.

Kunyit telah dipakai berabad-abad lamanya untuk metode pengobatan Ayurveda dan bisa mengatasi penyakit pada saluran pernapasan. 

6. Mengkonsumsi obat batuk resep dari dokter

Kamu yang merasa batuk kering tidak sembuh-sembuh, sebaiknya segera mengkonsumsi obat resep dari dokter. Kamu juga bisa membeli obat dengan bebas di apotek dan biasanya obat yang digunakan adalah golongan obat antitusif. 

obat batuk ini kinerjanya dengan menghambat refleks batuk, dengan demikian batuk yang Kamu derita dapat berangsur berkurang. Jangan lupa selalu baca aturan pemakaian pada kemasan terlebih dahulu. 

Batuk kering dari alergi juga bisa disembuhkan dengan obat jenis antihistamin. Sayangnya obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan, sehingga harus sesuai dengan resep dan saran dari dokter. 

Itulah cara mengatasi batuk kering yang bisa Kamu coba. Obat batuk kering bisa dari dokter dan bisa juga menggunakan obat dengan bahan-bahan herbal. Salah satunya obat batuk herbal dari natural farm dapat dijadikan pilihan untuk Kamu yang batuk kering dan tidak sembuh-sembuh. Semoga membantu. 

Photo by Tumisu