Health

Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid

Kondisi setiap wanita berbeda-beda, ada wanita yang tidak merasakan nyeri haid, ada juga wanita yang mengalami nyeri haid. Rasa nyeri haid ini bisa ringan hingga berat, kondisi yang ringan ataupun berat sama saja, sangat mengganggu aktivitas. Makanya Kamu perlu tahu cara menghilangkan sakit perut saat haid. Lalu bagaimana caranya? 

Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid

Dalam dunia medis nyeri haid ini disebut dengan dismenore, kondisi bisa terjadi setelah atau sebelum haid. Keluhan yang berlebihan tentunya sangat mengganggu. Inilah cara menghilangkan nyeri saat haid secara alami yang bisa Kamu coba : 

1. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau dapat dikonsumsi untuk menghilangkan nyeri haid. Menstruasi pasti banyak darah keluar, sehingga tubuh kehilangan zat besi yang banyak. Jadi usahakan mengkonsumsi sayuran yang banyak kandungan zat besi serta nutrisinya. 

2. Mengkonsumsi Telur

Nyeri haid bisa berkurang dengan mengkonsumsi telur, namun jangan kebanyakan. Kandungan nutrisi dalam telur sangat dibutuhkan tubuh ketika haid, baik itu vitamin B6, vitamin E, vitamin D, protein, dan nutrisi-nutrisi yang lain.

3. mengkonsumsi Cokelat Hitam

Cara menghilangkan nyeri haid bisa dilakukan dengan konsumsi cokelat hitam. Makanan ini mengandung magnesium dan serat yang bagus untuk tubuh. Tetapi usahakan konsumsi cokelat hitam dengan 85% cocoa. 

4. mengkonsumsi jahe

Jahe telah dipercaya bisa mengatasi nyeri haid. Kandungan jahe sangat efektif untuk mengontrol gas dalam perut, jadi saat perut kembung akibat menstruasi bisa segera diatasi. Jahe ternyata juga bisa untuk meredakan mual. 

5. Kompres perut dengan air hangat 

cara menghilangkan sakit perut saat haid selanjutnya adalah menempelkan kompres hangat di area punggung dan perut di bagian bawah 15-20 menit, lakukan 3 kali sehari. Terapi ini ternyata serupa efektifnya dengan obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen dan paracetamol. 

6. Melakukan pijatan yang lembut 

Lakukan pijatan gerakan melingkar di area perut yang nyeri setidaknya 5 menit. Barengi dengan melakukan kompres hangat.

Olesi dengan minyak, seperti minyak jojoba, minyak kelapa, minyak esensial misalnya kayu manis, lavender, hingga cengkeh. Minyak ini mempunyai kandungan yang sifatnya anti radang juga anti nyeri alami, sehingga bagus untuk meredakan nyeri haid. 

7. Melakukan teknik relaksasi 

Lakukan relaksasi seperti meditasi, yoga, dan pilates. Relaksasi semacam ini bisa mengalihkan rasa nyeri serta ketidaknyaman ketika haid. Proses yoga yang Kamu lakukan dengan baik bisa meredakan nyeri punggung karena haid. 

8. Jangan lupa olahraga

Haid bukanlah kendala untuk tidak olahraga, lebih baik melakukan olahraga fisik sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit serta kram perut ketika haid. Penelitian membuktikan wanita yang rutin menjalankan olahraga setidaknya 30 menit selama 3 hari seminggu. Hal ini cukup efektif untuk memperbaiki nyeri haid. 

Olahraga yang dilakukan ketika haid bisa menambah suasana hati, lebih bersemangat menjalankan aktivitas, serta bisa menjaga berat badan tetap ideal. 

9. Berendam dengan air hangat 

Supaya otot tubuh menjadi rileks, silakan berendam dengan air hangat. Berendam air hangat dapat memperbaiki suasana hati karena mood swing ketika haid. Supaya semakin menenangkan bisa Anda tambahan tetesan jeruk, minyak mawar, lavender dalam bak mandi tersebut. 

10. Mengkonsumsi obat pereda nyeri 

cara menghilangkan sakit perut saat haid bisa juga dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri haid, seperti paracetamol, ibuprofen yang bisa Kamu beli bebas di apotek. Jika nyeri haid terus berlangsung dan cukup mengganggu kegiatan Kamu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter supaya segera mendapatkan penanganan yang baik. 

Itulah cara menghilangkan sakit perut saat haid secara alami. Natural farm salah satu toko kesehatan yang menyediakan berbagai produk alami untuk meredakan nyeri haid, bisa membantu Kamu menuntaskan nyeri haid dengan bahan herbal yang menyehatkan. Semoga membantu.