Health

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Heartburn

Apa Itu Heartburn?

Heartburn adalah kondisi di mana kamu merasakan sensasi perih dan panas seperti terbakar pada dada. Keadaan ini dapat memburuk saat kamu sedang berbaring atau menunduk. Walaupun memiliki sebutan heartburn, sebenarnya kondisi ini tidak ada kaitannya dengan jantung (heart).

Heartburn sebenarnya disebabkan oleh asam lambung yang naik dari lambung ke bagian kerongkongan (esofagus). Hal ini mengakibatkan munculnya rasa terbakar di perut bagian atas atau dada bagian bawah. Heartburn dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari kamu dan pada beberapa kasus dapat terkait dengan kondisi kesehatan lainnya.

 

Apa Saja Tanda-tanda Dan Gejala Heartburn?

Heartburn menunjukkan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun, tanda-tanda yang hampir selalu dirasakan setiap penderitanya adalah sensasi panas seperti terbakar di dada dan tenggorokan. Gejala-gejala umum lainnya yang dirasakan ketika mengalami heartburn adalah:

  • Merasa nyeri atau perih pada dada. Kondisi ini biasanya terjadi setelah makan atau pada malam hari.
  • Sakit di dada saat sedang berbaring, menunduk, atau makan
  • Rasa pahit atau asam di mulut
  • Sering terbangun dari tidur
  • Batuk
  • Rasa terbakar di tenggorokan
  • Ada cairan yang terasa akan keluar dari tenggorokan

 

Bagaimana Cara Membedakan Heartburn Dengan Serangan Jantung?

Rasa nyeri di dada adalah kondisi yang tidak boleh diremehkan, terlebih jika berlangsung lama. Namun, sering kali nyeri dada yang dialami oleh penderita heartburn dan serangan jantung sulit dibedakan. Kedua kondisi tersebut terkadang memiliki gejala dan tanda-tanda yang tidak jauh berbeda. Penderitanya pun sama-sama berasal dari usia dewasa atau orang dengan berat badan berlebih. Untuk membedakan apakah yang kamu rasakan termasuk heartburn atau serangan jantung, kamu bisa mencari tahu area tubuh mana yang terasa sakit.

Apabila nyeri hanya terasa di bagian bawah tulang rusuk dan bagian atas perut, maka itu adalah heartburn. Gejala lainnya adalah rasa asam di mulut, ingin muntah, atau rasa terbakar di tenggorokan, terutama setelah Anda makan. Kamu perlu waspada apabila tubuh mulai berkeringat dingin, sesak napas, pusing, dan sakit dada yang menekan serta menjalar ke bahu, leher, atau punggung. Tanda-tanda tersebut bisa jadi berhubungan dengan serangan jantung. Namun kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

cara mengatasi heartburn

Bagaimana Cara Mengatasi Heartburn?

  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok
  • Kenakan pakaian yang longgar untuk mencegah tekanan yang tidak perlu pada perut
  • Diskusikan dengan dokter terkait obat resep dan penggunaannya
  • Program penurunan berat badan diet dan olahraga dapat membantu mengurangi gejala refluks asam
  • Mengangkat kepala tempat tidur dapat memungkinkan gravitasi untuk mengurangi gejala heartburn. Tempatkan balok di bawah bantal setinggi 6-8 inci. Atau, kamu juga bisa menambahkan busa pada kasur atau bantal untuk menaikkan sudut kepala tempat tidur
  • Mengonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas juga bisa jadi cara untuk menghilangkan gejala heartburn. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli untuk penggunaan obat tersebut
  • Mengonsumsi madu manuka pilihan seperti Manuka Farm MGS 5+ dan Manuka Farm MGS 10+. Madu Manuka Farm merupakan 100% Madu Manuka asli New Zealand dengan kualitas anti bakteri terbaik. Semua produk Manuka Farm diproduksi oleh perusahaan Maori terbesar di New Zealand dan telah tersertifikasi yang diakui sebagai standar pengecekan kualitas dunia. Yuk, dapatkan segera produknya hanya di store Natural Farm atau di website Natural Farm.