Health

Cara Mengatasi Kulit Kering agar Selalu Sehat dan Terawat

By Erwin |

Punya kulit kering — baik itu di wajah atau tubuh — punya tantangan tersendiri dalam merawatnya. Terlebih karena kulit kering lebih rentan mengalami iritasi dan cenderung sensitif, sehingga butuh cara mengatasi kulit kering dengan perawatan yang khusus. 

Bagi Anda yang punya kondisi serupa, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kulit kering Anda selalu lembap, sehat, dan terawat.

Cuci Wajah dengan Lembut

Untuk kulit wajah yang kering, sabun cuci muka yang gentle, tanpa alkohol, dan tidak berbusa jauh lebih direkomendasikan. Di samping itu, bersihkan wajah dua kali sehari secara teratur. Tapi jika kulit wajah Anda kering dan sensitif, Anda bisa gunakan sabun muka di malam hari saja dan cukup membilas wajah dengan air bersih di pagi hari.

Ketika kulit masih lembab, segera aplikasikan produk kulit lainnya dan moisturizer. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen juga di pagi dan siang hari.

Gunakan Moisturizer untuk Lembabkan Kulit

Gunakan moisturizer beberapa kali dalam sehari, terutama jika kulit Anda terasa kering dan setelah Anda mencuci tangan atau sehabis mandi. Di samping itu, aplikasikan moisturizer ketika kulit masih dalam kondisi lembab.

Pilih moisturizer dengan kandungan yang ramah untuk kulit kering, seperti ceramide, glycerol/glycerin, cocoa butter, dan shea butter. Moisturizer bebas fragrance dan non-komedogenik juga sangat direkomendasikan bagi kulit kering.

Persingkat Durasi Mandi dan Gunakan Air Hangat

Mandi terlalu lama dan penggunaan air panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Dan untuk kulit kering, hal tersebut bisa memperparah kondisi kulit Anda. Oleh karena itu, batasi durasi mandi Anda menjadi hanya 5-10 menit saja dan hindari menggunakan air panas. Jika memang perlu, gunakan air hangat saja.

Pilih Sabun Mandi yang Melembabkan dan Bebas Alergen

Untuk sabun cuci tangan, pilihlah sabun tanpa fragrance, hypoallergenic, dan melembabkan. Kemudian segera oleskan hand cream yang melembabkan di tangan setelah cuci tangan.

Sedangkan untuk sabun mandi, pilih krim atau gel mandi tanpa kandungan sabun, misalnya krim mandi dari susu kambing. Gunakan sabun hanya pada area-area tertentu dan saat dibutuhkan, seperti ketiak. Hindari penggunaan scrubber seperti loofah. Segera setelah Anda selesai mandi, bilas tubuh sampai bersih dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk pakai handuk.

Gunakan Humidifier

Kulit yang kering — apalagi yang kering dan sensitif — bisa jadi tambah parah ketika udara di dalam ruangan panas dan kering. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan.

Itu tadi beberapa cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit Anda. Jika kondisi kulit Anda masih tak kunjung membaik, segera berkonsultasi ke dermatologis, terutama agar dermatologis bisa membantu meracik produk perawatan kulit berdasarkan tipe dan kondisi kulit Anda.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category