Health

Cara Menghitung Body Fat Yang Paling Tepat

By Erwin |

Body fat atau lemak tubuh tidak dapat diukur secara langsung dari ukuran maupun bentuk badan seseorang. Orang kurus cenderung mempunyai tumpukan lemak yang tidak di sadari. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara meghitung body fat yang tepat.

1. Hitung Indek Masa Tubuh

Indeks massa tubuh (IMT) merupakan ukuran standar status gizi seseorang yang akan dilihat dari tinggi dan berat badan. IMT ini mengukur perbandingan tinggi badan memakai satuan meter dan berat badan satuan kilogram.

Rumus untuk IMT ini : berat badan (kg) dibagi kuadrat tinggi (m2). Jika ingin lebih praktis dan mengetahuinya secara langsung bisa memakai kalkulator online IMT. Cara menghitung body fat ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, metode ini tidak dapat digunakan untuk membedakan kadar lemak dan massa otot.

2. Hitung Lingkar Pinggang

Menghitung body fat ini fokus pada lemak di perut, Anda dapat mempunyai IMT yang ideal tetapi lemak yang berlebih pada perut. Hal ini mengakibatkan Anda memiliki risiko terkena diabetes dan juga penyakit jantung.

Cara melakukan pengukuran lemak perut ini dapat dilakukan dengan melingkarkan meteran di tengah atas pusar. Pria harusnya memiliki lingkar pinggang normal 90 cm ke bawah dan wanita 80 cm ke bawah.

Jika dilakukan dengan benar, maka tingkat keakuratan mengukur ini sebesar 5% dari lemak tubuh yang diukur menggunakan timbangan paling akurat. Cara menghitung body fat tanpa memakai alat ini tidak dapat menggambarkan massa otot, kadar lemak dan tulang secara menyeluruh.

3. Rasio Pinggul dan Pinggang

Cara hitung body fat ini bisa dilakukan dengan membagi angka lingkar pinggang dan juga pinggul. Agar bisa mengukur pinggang, arahkan meteran di antara bawah tulang rusuk dan atas tulang rusuk. Pada bagian pinggul, taruh meteran pada titik terlebar bokong.

Rasio ideal pada pria 0,90 ke bawah dan rasio wanita sebesar 0,80. Semakin besar angka rasio maka akan semakin banyak lemak pada pinggang maupun perut. Bentuk tubuh seperti apel mempunyai lemak perut dan pinggang jauh lebih banyak dibandingkan dengan bentuk tubuh mirip buah pir.

Cara mengukurnya dapat dilakukan tanpa harus menggunakan alat, tetapi kurang akurat karena ada kemungkinan meletakkan meteran di posisi yang kurang tepat

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category