Health

Cara Pengobatan Nyeri Ulu Hati Paling Efektif Tanpa Menggunakan Obat

By Admin |

Nyeri ulu hati pada istilah medis dikenal dengan sebutan heartburn. Kondisi yang satu ini umumnya akan menimbulkan sensasi panas atau rasa terbakar di area dada yang dapat menjalar sampai ke dalam kerongkongan.

Heartburn itu sendiri adalah sebuah gejala khas yang berasal dari gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu sebuah kondisi naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan. Cara untuk mengatasi nyeri ulu hati malam hari adalah dengan menggunakan obat.

Namun, pemakaian obat nyeri ulu hati akan bisa memberikan efek samping bagi orang-orang tertentu. Inilah yang menyebabkan orang lebih senang mengatasi nyeri tersebut dengan sesuatu yang memiliki efek samping minim, misalnya seperti berikut ini.

1. Menghindari Untuk Berbaring Saat Gejalanya Muncul 

Ketika dalam posisi tubuh berbaring sebenarnya akan lebih mempermudah untuk asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini akan berakibat membuat kondisi nyeri ulu hati akan semakin parah. Jadi, hindari untuk berbaring tanpa menggunakan bantal maupun tidur saat ulu hati sudah terasa nyeri.

Saat gejalanya muncul pada malam hari, disarankan untuk menggunakan wedge pillow, yaitu bantal khusus bagi para penderita GERD. Namun, bila muncul bukan di waktu malam lebih baik untuk memposisikan tubuh duduk tegak atau berdiri sebentar.

2. Minum Teh Jahe 

Jahe sudah banyak dikenal lama sebagai salah satu obat dalam pengobatan tradisional, salah satunya untuk mengatasi heartburn. Rempah ini mempunyai potensi dalam meredakan mual, sehingga beberapa orang mempercayai bila teh jahe ini bisa digunakan untuk membantu meringankan heartburn.

Cara mengobati nyeri ulu hati tanpa menggunakan obat ini umumnya akan disajikan dalam bentuk teh jahe. Potongan jahe yang ditambahkan ke dalam air rebusan air yang ditambahkan madu atau gula dapat dinikmati sebagai the.

Walaupun nantinya dapat meredakan heartburn sekaligus mual tetapi untuk penggunaan jahe juga tidak bisa dilakukan secara berlebihan. Pasalnya, banyak jahe justru dapat memperparah nyeri ulu hati.

3. Mengobati dengan Cara Alami 

Cara untuk mengatasi nyeri ulu hati tanpa menggunakan obat yang dapat Anda pilih adalah dengan cara menggunakan bahan-bahan makanan yang banyak ditemukan di rumah. Pertama, Anda dapat mencampurkan air dan juga soda kue bahan tersebut dapat mengurangi heartburn karena dapat membantu menetralkan asam lambung. 

Namun, pemakaian soda kue hanya bisa dilakukan sesekali dan tidak boleh terlalu sering. 

Walaupun banyak sekali orang yang menerapkannya tetapi untuk efek pengobatan ini untuk setiap orang pasti akan berbeda-beda.

Terutama jika nantinya Anda sedang hamil, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan cara pengobatan tersebut. Hal ini wajib untuk Anda lakukan agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang memang tidak diinginkan. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category