Health

Cegah Gangguan Pencernaan Dengan Konsumsi Makanan Berikut

Setiap individu tentu pernah mengalami gangguan pencernaan seperti salah satunya adalah diare, tidak hanya diare saja tapi ada berbagai macam gangguan pencernaan yang sering menyapa banyak orang, apa yang menjadi penyebabnya? Berbagai hal bisa menjadi penyebab mulai dari pola makan buruk hingga adanya infeksi pada lambung dan usus.

Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami gangguan pencernaan? Ada faktor yang mendasari seseorang terkena gangguan sistem pencernaan, semakin bertambahnya usia fungsi organ pencernaan juga mulai mengalami penurunan, sebaiknya Anda mulai rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan bisa mengatur gaya hidup yang sehat.

Hal lain yang juga meningkatkan resiko gangguan sistem pencernaan adalah genetik dan stres, mungkin Anda tidak menyadari bahwa stres bisa meningkatkan resiko terjadinya gangguan sistem pencernaan, tidak mudah memang mengelola tingkat stres, Anda bisa mencoba untuk meluangkan waktu dengan bermeditasi sebagai salah satu cara mengurangi tingkat stres yang berlebih.

Gaya hidup yang buruk juga menjadi hal yang bisa meningkatkan resiko gangguan pada sistem pencernaan, kurangi dan hindari konsumsi minuman beralkohol dan rokok, usahakan untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari resiko infeksi saluran pencernaan, apabila selama ini Anda memiliki pola makan tidak teratur mulai perbaiki waktu makan dan berikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, bagi Anda yang gemar makanan pedas cobalah untuk mengurangi makanan yang pedas pemicu gangguan sistem pencernaan.

Selain beberapa hal tersebut gangguan sistem pencernaan juga bisa disebabkan dari adanya penyakit, apalagi tidak sedikit orang yang masih belum rutin melakukan cek kesehatan sehingga mereka tidak mengetahui penyakit yang ada dalam tubuh.

Gangguan pencernaan bisa terjadi karena penyakit beberapa diantaranya seperti dispepsia; gerd; gastritis; infeksi usus; usus buntu hingga kanker usus, bahkan ada yang terdiagnosis penyakit dengan status yang sudah cukup mengkhawatirkan, itulah sebabnya Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kesehatan, apabila bisa dideteksi lebih dini maka bisa dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Mencegah Terjadinya Gangguan Sistem Pencernaan

Anda bisa mulai mengatur gaya hidup sehat agar tubuh tidak mudah terkenan penyakit baik itu penyakit pencernaan atau penyakit lainnya, perbanyak minum air putih dan konsumsi cukup serat akan membantu menjaga saluran cerna, apa saja makanan yang baik dikonsumsi demi menjaga kesehatan saluran pencernaan?

Apel menjadi salah satu buah favorit banyak orang, kandungan pektin dalam buah apel akan membantu meningkatkan volume feses, tidak heran banyak yang mengkonsumsi apel untuk mengatasi diare dan juga sembelit, serat dalam apel juga bisa membantu menurunkan resiko infeksi pada usus.

Selain apel buah kaya serat lain yang baik untuk kesehatan pencernaan adalah pepaya, pepaya dipilih banyak orang saat mengatasi sembelit, seberapa sering Anda mengkonsumsi pepaya yang tinggi serat ini?

Yoghurt yang terbuat dari fermentasi susu juga menjadi makanan yang baik dikonsumsi dengan manfaat menjaga kesehatan usus, kandungan bakteri baik atau yang dikenal dengan probiotik akan membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan, selain itu probiotik juga membantu mengatasi diare; kembung dan sembelit.

Masih ada beragam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan sistem pencernaan, beberapa makanan yang bisa mengurangi resiko terjadinya gangguan pencernaan diantaranya adalah biji chia; ikan salmon; jahe; kacang almond; kiwi; tempe hingga whole grain, Anda bisa menemukan berbagai produk vitamin dan mineral yang tersedia di Natural Farm demi membantu menjaga kesehatan dan saluran pencernaan.

Photo by julien Tromeur