Health

Pantangan Sakit Tipes dan Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi

Penyakit tipes dapat menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi yang berkembang di saluran pencernaan, tidak hanya anak-anak yang bisa terkena penyakit tipes orang dewasa juga bisa terkena penyakit tipes, faktor yang menjadi penyebab berkembangnya penyakit tipes adalah faktor kebersihan, penderita perlu memperhatikan beberapa pantangan sakit tipes agar segera pulih.

Gejala Tipes

Penyakit tipes perlu mendapat penanganan yang cepat karena jika terlambat penanganan akan berakibat fatal, bagaimana gejala tipes? Bakteri yang masuk ke tubuh akan berkembang biar menyebar ke aliran darah, inilah yang menimbulkan gejala penyakit tipes seperti demam tinggi hingga 39-40°C; diare atau sembelit; sakit perut; lesu dan lemas.

Gejala tersebut tidak langsung muncul meskipun bakteri sudah masuk ke dalam tubuh, penderita akan mengalami gejala tipes dengan selang waktu satu sampai dua minggu, jika mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas segera pergi ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan. 

Ketika terlambat mendapatkan penanganan maka bisa berakibat munculnya infeksi di beberapa organ seperti ginjal; pankreas; usus dan organ vital lainnya, dokter akan memberikan resep antibiotik pada penderita penyakit tipes sampai kondisi kesehatannya membaik, selain obat penderita tipes juga perlu menjaga pola makan dan menghindari makanan yang bisa memicu sakit perut.

Pantangan Makanan Penderita Tipes

Ada jenis makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi selama sakit tipes, karena ada jenis asupan yang sulit dicerna hingga berimbas pada gangguan sistem pencernaan.

Sayuran mentah termasuk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda yang sedang sakit tipes, jenis sayuran mentah yang tidak boleh dikonsumsi diantaranya acar; brokoli; kangkung; kembang kol; kubis dan timun, kubis misalnya bisa membuat perut kembung hingga memicu seringnya buang gas.

Pantang sakit tipes selanjutnya adalah tidak makan makanan yang pedas, makanan pedas justru akan menambah buruk kondisi pencernaan, hindari juga makanan yang digoreng; makanan pinggir jalan dan makanan olahan yang sekarang ini banyak sekali ditemukan di pasaran, selama tipes jangan minum minuman berkafein seperti kopi.

Dengan mengetahui pantangan makanan selama tipes Anda bisa lebih menjaga asupan makanan, apa jadinya jika Anda tetap mengkonsumsi pantangan makanan tersebut? Tentu saja akan memperparah sistem pencernaan.

Makanan Penderita Tipes

Lantas apa saja makanan yang baik dikonsumsi penderita tipes? Meski banyak pantangan makanan Anda bisa memulihkan kondisi kesehatan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang ringan untuk pencernaan.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan dengan tekstur lembut berkuah seperti salah satunya yaitu bubur, selama tipes pencernaan dalam kondisi yang kurang baik sehingga perlu makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

Perhatikan juga asupan yang masuk ke tubuh dengan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, tujuannya adalah mencegah penurunan berat badan dan mempercepat pemulihan kesehatan, jangan hanya asal memilih makanan berkalori tinggi pastikan makanan tersebut juga tinggi protein, protein berperan sebagai sumber tenaga yang membantu pemeliharaan yang rusak.

Dampak tipes yang sering dialami adalah diare, terlalu sering buang air besar akan membuat tubuh dehidrasi, jadi usahakan penuhi kebutuhan cairan yang hilang dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak perlu khawatir penyakit tipes dapat sembuh selama Anda memenuhi asupan yang tepat dan menghindari pantangan sakit tipes, selalu jaga kebersihan dan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan produk kesehatan yang bisa Anda temukan di naturalfarm.id.