Health

Cerdas Memilih, Ini Rekomendasi Obat Kolesterol yang Aman Untuk Lambung

Memang bukan rahasia lagi kolesterol berkaitan dengan beberapa penyakit kronis lainnya. Namun, siapa sangka jika upaya pengobatan kolesterol menggunakan obat-obatan kimia tertentu malah bisa mengganggu kesehatan organ lambung? Pengkonsumsian obat-obatan kimia secara berlebihan memang tidak baik. Hal ini karena adanya kemungkinan kandungan obat yang mengiritasi lambung terlebih jika dikonsumsi secara terus-menerus. Karenanya Kamu harus cerdas memilih. Selain mengonsumsi obat kimia ternyata ada obat-obatan alami yang bisa Kamu racik sendiri. Berikut ini diberikan beberapa rekomendasi obat kolesterol yang aman untuk lambung dari bahan alami, diantaranya:

1. Daun Suji

Obat kolesterol alami pertama adalah daun suji yang kaya kandungan saponin. Kandungan inilah yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Manfaat bahan alami ini bisa Kamu dapatkan dengan merebus 5 lembar daun suji yang sudah dicuci bersih dalam dua gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa air setengahnya. Minum selagi hangat secara rutin 3 kali sehari.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang menghambat pembentukan kolesterol. Selain itu, bumbu dapur ini juga mempunyai efek farmakologis anti inflamasi yang mampu menghambat lonjakan kadar LDL dalam tubuh. Bahkan dari hasil penelitian juga diketahui bawang putih membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Hal ini berkat kandungan saponin dan flavonoid di dalamnya.

Manfaat bawang putih ini bisa Kamu peroleh dengan mengolahnya sebagai jus. Blender 2 siung bawang putih, 1 bawang bombai, dan 7-10 lembar daun sambung nyawa. Saring untuk mendapatkan sarinya lalu minum. Mungkin untuk Kamu yang belum terbiasa rasanya kurang sedap tapi di baliknya ada manfaat luar biasa.

3. Daun Sirsak

Obat kolesterol yang aman untuk lambung berikutnya adalah daun sirsak. Dalam daun sirsak terdapat senyawa flavonoid yang berperan menghambat pembentukan kolesterol. 

Penggunaan daun sirsak sebagai obat bisa dengan cara merebus beberapa lembar daun sirsak. Kemudian air rebusannya disaring dan diminum selagi masih hangat. Selain sebagai obat alami kolesterol, resep ini juga bisa untuk menurunkan berat badan.

Satu lagi obat kolesterol aman yang bisa dikonsumsi tanpa menyebabkan iritasi lambung adalah Kyolic Aged Garlic Extract. Suplemen ini mengandung bawang putih yang diolah menggunakan metode ekstraksi selama 20 bulan atau yang dikenal metode aging. Metode tersebut memastikan suplemen kolesterol ini tidak berbau tajam dan tidak mengiritasi lambung. Membantu menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan imun, dan menunjang kesehatan sistem syaraf.

Untuk Kamu yang ingin selalu sehat cerdas memilih obat kolesterol yang aman untuk lambung. Karena kesehatan Kamu merupakan cerminan dari gaya hidup dan pilihan obat atau suplemen yang dikonsumsi sehari-hari.