Health

3 Rebusan Daun Apa Untuk Menurunkan Kolesterol? Ini Jawabannya!

Kolesterol termasuk salah satu penyakit berbahaya karena dapat memicu banyak gangguan kesehatan lainnya, seperti diabetes, jantung, dan stroke. Karenanya kolesterol perlu dikelola dengan baik. Salah satu upaya mengelola kolesterol adalah dengan menjaga gaya hidup sehat dan untuk Kamu yang sudah memiliki riwayat kolesterol perlu rutin cek ke dokter. Cek ke dokter bukan berarti Kamu harus mengonsumsi obat-obatan kimia terus, karena sebenarnya ada juga cara alami yakni menggunakan ramuan daun-daunan yang bisa dicoba. Kira-kira rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol? Berikut ini diberikan beberapa diantaranya:

1. Rebusan Daun Salam

Rebusan daun penurun kolesterol yang pertama adalah daun salam. Di dalam daun salam konon terdapat kandungan flavonoid dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut mampu mengontrol kadar kolesterol darah.

Rebusan daun salam ini bisa Kamu buat sendiri dengan merebus 15-20 lembar daun salam dalam 800 ml air. Minum air rebusan daun salam secara rutin 2-3 sehari.

2. Rebusan Daun Jati Belanda

Daun jati belanda memiliki kandungan tanin, damar, asam folat, alkaloid, flavonoid, saponin, dan sterol. Kandungan-kandungan itulah yang diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya rebus daun jati belanda sebanyak 15-30 lembar dalam 2 gelas air. Setelah mendidih dan hangat air rebusan bisa diminum. Minum air rebusan daun jati belanda ini secara rutin untuk hasil kesembuhan yang optimal.

3. Daun Seledri

Tak hanya enak dijadikan campuran dalam olahan masakan, ternyata daun seledri juga memiliki manfaat kesehatan. Rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah daun seledri. Manfaat menurunkan kolesterol didapat berkat adanya kandungan flavonoid, minyak asiri, koumarin, saponin, dan lainnya di dalam seledri.

Rebus segenggam daun seledri dalam segelas air. Rebus sampai mendidih dan minum airnya selagi hangat. Selain direbus untuk mendapatkan manfaat seledri ini juga bisa dengan cara Kamu campur dalam jus buah atau smoothie buah.

Satu lagi yang direkomendasikan untuk obat menurunkan kolesterol adalah suplemen KAL Flaxseed Oil 1000 mg. Suplemen Minyak Biji Rami ini termasuk sumber asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang tinggi. Diproduksi asli dari tanaman rami yang tumbuh secara organik lewat cold pressed 100% dan bebas pelarut. Bermanfaat mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, mengurangi potensi gangguan jantung dengan memperbaiki irama jantung dan mengurangi penggumpalan darah.

Kini Kamu sudah tahu bukan rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol. Penggunaan bahan alami untuk mengobati kolesterol pun dinilai lebih efektif dan sehat dibanding mengonsumsi obat-obatan kimia. Akan tetapi, semuanya dikembalikan pada pilihan yang Kamu ambil. Jadi apa pilihan Kamu? Pilih secara bijak dan cerdas ya!