Mom & Kids

Dampak Buruk Polusi Udara pada Kesehatan Anak dan Cara Mengatasinya

By Ni Putu Gita Arilaksmi |

Kualitas udara di Indonesia kian memburuk! Sejumlah daerah di Indonesia termasuk JABODETABEK memiliki intensitas kualitas udara yang memprihatinkan. Polusi udara memiliki dampak serius pada kesehatan anak-anak karena paru-paru dan sistem pernafasan mereka masih dalam tahap perkembangan. Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Apa yang harus dilakukan para orang tua agar anak tetap terjaga kesehatannya? Jangan khawatir, Natural Farm telah merangkum pembahasannya untuk Natural Buddy semua. 

Polusi udara terjadi karena interaksi kompleks antara aktivitas manusia, faktor alami, dan kondisi lingkungan. Upaya pengendalian dan pengurangan polusi udara penting untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dampak Buruk Polusi Udara pada Kesehatan Anak:

  1. Gangguan Pernafasan: Anak-anak lebih rentan mengalami gangguan pernafasan seperti asma, bronkitis, dan infeksi saluran pernapasan atas akibat paparan polusi udara.
  2. Gangguan Perkembangan Paru-Paru: Paparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menghambat perkembangan paru-paru anak-anak, menyebabkan masalah pernapasan sepanjang hidup.
  3. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah: Polusi udara juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah pada anak-anak di kemudian hari.
  4. Gangguan Fungsi Otak: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan polusi udara dapat berdampak negatif pada kognisi dan perkembangan otak anak-anak.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah dampak buruk polusi bagi anak?

  1. Pemantauan Kualitas Udara: Pemantauan kualitas udara secara berkala dapat membantu mengidentifikasi tingkat polusi dan mengambil tindakan pencegahan yang sesuai.
  2. Penggunaan Masker: Anak-anak dapat menggunakan masker khusus saat berada di luar ruangan, terutama pada hari-hari dengan tingkat polusi tinggi.
  3. Menghindari Jam-jam Tertentu: Hindari kegiatan di luar ruangan pada jam-jam ketika polusi udara cenderung lebih tinggi, seperti pagi hari atau saat lalu lintas padat.
  4. Menjaga Kebersihan Lingkungan: Mengurangi sumber polusi udara dalam rumah seperti merokok di dalam ruangan dan menggunakan bahan bakar bersih untuk memasak.
  5. Promosi Transportasi Ramah Lingkungan: Mendorong penggunaan transportasi publik, bersepeda, atau berjalan kaki untuk mengurangi emisi kendaraan bermotor.
  6. Peningkatan Vegetasi: Menanam lebih banyak pohon dan tanaman di sekitar area pemukiman dapat membantu menyerap polutan udara.
  7. Regulasi dan Kebijakan: Mendorong penerapan regulasi yang ketat terhadap industri dan transportasi yang berpotensi menyebabkan polusi udara.

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Lebih Optimal Bersama ChildLife Liquid Vitamin C 

ChildLife Vitamin C dalam bentuk cair dengan varian rasa jeruk yang disukai anak. Vitamin C telah diteliti secara menyeluruh dan terbukti membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Tingginya tingkat polusi udara membuat anak lebih rentan terpapar radikal bebas dan terserang virus. ChildLife Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk memperkuat pertahanan tubuh melawan penyakit.

Keunggulan dan Manfaat ChildLife Liquid Vitamin C: 

  • Bentuk sediaan cair sehingga mudah dikonsumsi dan diserap tubuh
  • Non GMO
  • Tidak mengandung gluten, perasa, pewarna, dan pemanis buatan
  • Tidak mengandung bahan pengisi, susu, ikan, telur, kedelai, kacang tanah, gandum, jagung, kasein dan ragi.
  • Memberi perlindungan terhadap penyakit-penyakit infeksi seperti flu, batuk, dan demam
  • Memiliki kemampuan sebagai antioksidan sebagai perlindungan terhadap polutan lingkungan
  • Mencegah dan mengatasi sariawan

Penting untuk memahami bahwa melindungi anak-anak dari dampak polusi udara merupakan tanggung jawab bersama masyarakat, pemerintah, dan individu. Upaya kolektif diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi generasi mendatang.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Moms semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category