Health

Dari Fisik Hingga Psikis, Berikut ini Manfaat yang Ditawarkan Vitamin B Complex

Untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga pola makan, istirahat dan olahraga tentu saja tidak cukup. Bagi sebagian orang yang mempunyai banyak aktivitas dan kesibukan, suplemen tambahan sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina dan kondisi tubuh.

Terdapat banyak jenis suplemen salah satunya adalah vitamin yang meliputi vitamin A, B, C, D, dan E. Vitamin B terbagi menjadi delapan macam yang sering disebut sebagai vitamin B complex. Delapan jenis vitamin B tersebut antara lain vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. 

Adanya delapan kandungan dalam satu pil tentu saja manfaat yang ditawarkan dari vitamin ini tidak main-main untuk kesehatan tubuh kita, baik fisik maupun mental. Secara umum, vitamin B complex berguna untuk pemeliharaan fungsi otak, jantung, pencernaan, saraf, pembentukan sel darah merah, meningkatkan produksi hormone, memperlambat proses penuaan dini pada kulit, mengurangi rasa lelah dan stress hingga gangguan kecemasan.

Selain itu, bagi wanita khususnya ibu hamil, vitamin B sangat berguna untuk mengurangi rasa mual, menambah energi hingga membantu perkembangan otak pada janin di dalam kandungan serta mengurangi resiko bayi lahir cacat.Sedangkan bagi pria, vitamin B sangat berguna untuk meningkatkan produksi energi, menambah stamina, meningkatkan kadar hormon testosteron, pembentukan otot tubuh, dan lain-lain.

Masing-masing vitamin tersebut mempunyai manfaat atau kegunaan tersendiri yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

  • Vitamin B1 berguna untuk menghasilkan energi, metabolisme, membantu memelihara kesehatan jantung.
  • Vitamin B2 dapat membantu metabolism dengan memecah makanan menjadi energi atau zat gizi. Selain itu, vitamin yang sering disebut sebagai riboflavin ini juga dapat berguna untuk mencegah penyumbatan darah dan beberapa penyakit seperti kanker atau katarak.
  • Vitamin B3 memiliki banyak manfaat terutama bagi kulit seperti melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, mencerahkan kulit hingga anti aging.
  • Vitamin B5 berfungsi dalam pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah.
  • Vitamin B6 dapat membantu menurunkan darah tinggi, meningkatkan imun dalam tubuh, dan lain-lain. Selain itu, vitamin ini juga mampu menghasilkan serotonin yang dapat mengatasi rasa cemas, marah, stress bahkan mengurangi gejala depresi.
  • Vitamin B7 atau sering disebut pula biotin mempunyai peran dalam menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Kegunaan lain dari vitamin itu yaitu mengurangi kadar gula darah dan membantu proses kehamilan dan menyusui.
  • Vitamin B9 merupakan salah satu vitamin penghasil sel darah merah. Selain itu, vitamin ini dapat membantu pembentukan DNA dan RNA yang sangat penting dalam perkembangan janin.
  • Vitamin B12 berfungsi dalam menjaga kesehatan dan fungsi sistem saraf dan mengurangi anemia.
  • Kandungan vitamin B complex dapat dengan mudah ditemukan pada makanan sehari-hari yang kita konsumsi seperti daging, ikan, susu, telur, sayur, buah, kacang-kacangan, dan lain-lain.