Health

Lengkapi Nutrisi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin B

Mengingat pentingnya manfaat vitamin B bagi tubuh mulai dari pembentukan energi, memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga mengurangi stress, pemenuhan makanan sehat utamanya yang mengandung vitamin B sangat diperlukan guna menjaga kondisi tubuh tetap seimbang. 

Sumber vitamin B dapat ditemukan baik pada bahan makanan nabati maupun hewani. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B yang terbagi menjadi 8 jenis yaitu vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B9 dan B12, berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin B sebagai pilihan alternatif.

Telur

Telur menjadi pilihan yang paling mudah untuk merasakan kandungan manfaat vitamin B. Selain harganya murah dan dapat ditemukan di mana saja, dalam 50gr telur ayam masak mengandung 15% vitamin B2, 7% vitamin B5, 33% vitamin B7, 5% vitamin B9, dan 9% vitamin B12. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, Anda dapat mengonsumsi satu hingga dua telur rebus setiap harinya.

Susu Sapi

Minuman yang memiliki banyak manfaat ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B. Dalam 240ml susu (satu gelas) terdapat 7% vitamin B1, 26% vitamin B2, 9% vitamin B5, dan 18% vitamin B12

Daging Ayam

Selain telur dan susu, makanan hewani yang juga kaya akan vitamin B adalah daging ayam. Daging ayam sangat digemari oleh banyak orang karena dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan dan tentunya memberikan banyak manfaat. Sebagai contoh, dalam olahan dada ayam tanpa kulit terkandung 7% vitamin B2, 69% vitamin B3, 10% vitamin B5, 30% vitamin B6, 6% vitamin B12.

Daging Sapi

Selain kaya akan protein, pada 100gr olahan daging sapi terdapat 5% vitamin B1, 8% vitamin B2, 39% vitamin B3, 6% vitamin B5, 31% vitamin B6, serta 29% vitamin B12.

Ikan Salmon

Apabila Anda memiliki alergi terhadap telur, daging ayam atau bahkan daging sapi, maka salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin B adalah konsumsi ikan salmon. Selain kaya akan Omega, dalam 100gr ikan salmon, terkandung 18% vitamin B1, 29% vitamin B2, 50% vitamin B3, 19% vitamin B5, 47% vitamin B6, dan 51% vitamin B12. Sangat dianjurkan untuk mengolah salmon dengan baik dan benar agar nutrisi yang terkandung tidak hilang.

Sayur 

Walaupun banyak disepelekan dan banyak orang tidak suka, tetapi sayur memiliki banyak kandungan nutrisi salah satunya adalah vitamin B9 yang berguna bagi kesehatan. Sayur juga memiliki harga terjangkau dan mudah didapatkan, sehingga dapat menjadi alternatif pilihan guna memenuhi asupan vitamin B. Sayur yang memiliki kandungan vitamin B antara lain bayam, brokoli, kol, dan lain-lain.

Buah

Apabila tidak menyukai sayuran, pilihan makanan yang mengandung vitamin B adalah buah. Buah memiliki rasa yang lezat dan mempunyai banyak manfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Beberapa jenis buah yang memiliki kandungan vitamin B antara lain alpukat, pisang, jeruk, mangga, blueberry, strawberry, semangka, melon, jambu biji, kurma, dan lain-lain.

Kacang-kacangan

Selain sayur dan buah, sumber makanan nabati yang mengandung vitamin B yaitu kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang merah, edamame, kacang kedelai, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B sebagai pilihan atau variasi pemenuhan nutrisi tubuh Anda. Semoga bermanfaat.