Health

Diabetes Adalah Salah Satu Penyakit Pemicu Kematian Tertinggi

By Natural Farm |

Apa yang ada di kepala Anda saat mendengar diabetes? Diabetes adalah salah satu penyakit yang diderita banyak orang. Penyakit ini tak kalah menyeramkan seperti kanker dan jantung yang bisa membunuh siapapun kapanpun. Sudah banyak orang yang meninggal dikarenakan penyakit ini. Pencegahan adalah cara terbaik agar terhindar dari diabetes. 

Diabetes Adalah Penyakit Mematikan Nomor 3

Diabetes adalah penyakit kronis dan mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Tanda penyakit ini ialah  tingginya kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Glukosa adalah sumber energi utama untuk sel tubuh manusia. Penderita diabetes akan mengalami disfungsi hormone insulin yang mana glukosa tak bisa digunakan oleh tubuh sehingga kadar gula di dalam darah meningkat. Kadar gula di dalam darah dikendalikan oleh hormone insulin. Hormon ini diproduksi oleh pankreas. Saat menderita diabetes, pankreas tak bisa memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga mengakibatkan kadar gula meningkat. Tanpa adanya insulin sel-sel didalam tubuh tak bisa menyerap glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diabetes ini termasuk penyakit serius dan mematikan. Bahkan penyakit ini termasuk penyakit mematikan nomor 3 setelah jantung dan kanker. Anda harus menjaga kesehatan agar terhindar dari diabetes. 

4 Cara Mudah Mencegah Diabetes

Pencegahan penyakit diabetes perlu dilakukan agar kondisi tubuh tetap baik dan sehat. Tubuh yang gemuk lebih rentan mengalami diabetes. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang menyebabkan komplikasi organ tubuh. Diabetes terdiri dari dua tipe yaitu tipe 1 dan 2. Inilah beberapa cara mudah mencegah penyakit ini. 

1. Menurunkan Berat Badan 

Faktor berat badan memperbesar resiko menderita diabetes. Sebaiknya Anda mulai mengontrol berat badan agar terhindar dari diabetes. Obesitas akan meningkatkan resiko 40 kali lebih besar untuk menderita diabetes dibandingkan orang dengan berat badan normal. Kegemukan akan mengganggu sistem kerja metabolisme tubuh. 

2. Berolahraga Rutin 

Anda bisa melakukan olahraga secara rutin untuk mencegah terjadinya diabetes. Olahraga bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kepekaan tubuh pada hormone insulin. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga fisik seperti senam, aerobic, jalan kaki, renang, bersepeda, ataupun lari. 

3. Menjaga Pola Makan 

Pola makan sehat berpengaruh untuk meminimalkan resiko terjadinya diabetes. Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya serat. Jangan terlalu sering makan makanan berlemak dan mengandung gula tinggi. Hal ini bisa memicu terjadinya diabetes. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi lengkap seperti protein, mineral, vitamin, dan serat. Konsumsilah sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. 

4. Konsumsi Air Putih 

Langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi air putih dengan rutin karena bisa menjaga kadar insulin dan gula darah di dalam tubuh. Tentu saja ini akan mengurangi resiko terjadinya diabetes. 

Diabetes adalah penyakit mematikan. Tetapi bukan berarti tidak bisa dicegah dan dihindari. Hiduplah dengan sehat dan makan makanan sehat. 

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category