Health

Beberapa Obat Diabetes Alami yang Mudah Ditemui

By Natural Farm |

Untuk para penderita diabetes, menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil adalah hal penting untuk dilakukan. Ini karena kadar gula terlalu tinggi akan berisiko sebabkan berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan bahkan kematian. Selain konsumsi obat medis, penderita diabetes pun dapat memakai sejumlah bahan alami yang diduga cukup efektif menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh.

Jenis-Jenis Obat Diabetes Alami yang Mudah untuk Ditemui

Selain konsumsi obat diabetes medis yang diberikan dokter, ada sejumlah obat diabetes alami yang dipercaya mampu untuk menurunkan kadar gula darah penderita prediabetes ataupun diabetes, yakni:

  • Ginseng

Tanaman ginseng, khususnya Panax Quinquefolious atau ginseng Amerika adalah salah satu jenis ginseng yang diduga bisa turunkan kadar gula darah serta menjaganya agar tetap stabil. Jenis ginseng ini pun bisa cegah resistensi insulin di orang sehat, sehingga cegah risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

  • Kayu Manis

Salah satu obat alami diabetes yang bisa dengan mudah didapatkan adalah kayu manis. Obat alami yang satu ini dipercaya mempunyai efek seperti insulin di dalam tubuh yang bisa turunkan kadar gula darah. Selain, kayu manis pun dipercaya mampu untuk kurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes, termasuk kerusakan saraf dan penyakit jantung. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dan juga efek samping dari kayu manis sebagai obat diabetes.

  • Cengkeh

Cengkeh pun dapat menjadi salah satu pilihan obat alami untuk penyakit diabetes. Sebab, cengkeh memiliki kandungan senyawa yang dipercaya bisa tingkatkan produksi insulin serta turunkan kadar gula dalam darah. 

  • Jahe

Rempah yang kerap digunakan dalam mengolah makanan ini juga cukup sering dijadikan obat alami, salah satunya sebagai obat diabetes alami. Berdasarkan pada sejumlah penelitian, jahe dinilai mampu untuk menurunkan kadar gula darah serta menjaganya dalam keadaan tetap stabil. Walaupun demikian, studi yang terkait jahe sebagai obat alami untuk penyakit diabetes masih terbatas sekali sehingga memerlukan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui khasiat dan juga keamanannya.

  • Gymnema

Tanaman gymnema merupakan tanaman rambat yang asalnya dari hutan tropis di India. Tanaman ini diduga bisa dijadikan obat diabetes. Gymnema ampuh untuk turunkan kadar gula di dalam darah yang tinggi pada penderita penyakit diabetes 1 dan diabetes 2. Sebuah tinjauan pada tahun 2013 silam yang dilakukan pada para penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 menunjukkan adanya sejumlah tanda perubahan signifikan. Oleh sebab itu, tanaman rambat ini disebut juga sebagai ‘penghancur gula’ bagi para penderita diabetes. Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai ekstrak yang diseduh dengan air hangat.

Demikian ulasan mengenai beberapa obat diabetes alami yang cukup mudah ditemukan. Walaupun sejumlah bahan alami tersebut dianggap dapat menjadi obat herbal untuk penyakit diabetes. Anda tetap perlu untuk meminta saran dari dokter sebelum memakainya untuk cegah terjadinya kondisi tak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category