Health

Ini Bahaya Diabetes, Komorbid Kedua Covid-19 Yang Berisiko Meninggal

Diabetes menjadi salah satu komorbid yang paling banyak ditemukan pada pasien Covid-19. Komorbid Covid sendiri merupakan penyakit penyerta yang sudah diderita pasien sebelum terinfeksi Covid-19.  Mengutip data dari laman Covid19.go.id, di Indonesia, diabetes menjadi komorbid kedua tertinggi terbesar setelah hipertensi. Disusul setelahnya penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronis, gangguan pernapasan lain, dan beberapa kondisi medis lainnya. Tak hanya di Indonesia, mengutip jurnal Nature, survei epidemiologi dalam tingkat global menemukan bahwa pasien diabetes berisiko tinggi tertular Covid-19. Kelompok ini juga menjadi korban utama kematian akibat Covid-19.

 

Apa Hubungannya Diabetes Dan Covid-19?

Jika kamu menderita diabetes dan terpapar Covid-19, yang perlu kamu waspadai adalah komplikasinya, karena dapat membuat gejala maupun dampak Covid-19 jadi lebih berbahaya bagi kesehatan. Tidak terkontrolnya gula darah dan komplikasi dapat menurunkan imunitas tubuh pasien dalam melawan Covid-19. Infeksi Covid-19 juga dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh meningkat.

Apabila fungsi kekebalan menurun, tubuh akan lebih kesulitan melawan infeksi. Komorbid Covid-19 bisa bertahan lebih lama dalam tubuh dan menimbulkan gejala parah sehingga turut meningkatkan risiko komplikasi semakin parah hingga kematian.

 

Apa Saja Komplikasi Komorbid Covid-19 Pada Penderita Diabetes?

  1. Radang paru-paru
    Pneumonia berasal dari infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara paru-paru. Orang dengan diabetes yang menderita Covid-19 memiliki risiko lebih tinggi terkena pneumonia parah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap orang dengan diabetes yang lebih tua dari 2 tahun harus menerima vaksinasi pneumokokus dan influenza tahunan.
  2. Dehidrasi
    Jika seseorang dengan diabetes mengalami demam akibat Covid-19, mereka kehilangan cairan. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang mungkin memerlukan cairan intravena
  3. Gula darah tinggi
    Infeksi menyebabkan respons stres dalam tubuh sehingga meningkatkan produksi glukosa. Kondisi ini menyebabkan kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal. Akibatnya, seseorang mungkin membutuhkan insulin ekstra selama penyakit menular. Penting untuk memantau kadar gula darah lebih sering dari biasanya karena bisa tiba-tiba melonjak.

 

Apakah Ada Tips Tetap Sehat Bagi Penderita Diabetes Selama Pandemi?

1. Disiplin melaksanakan protokol kesehatan

Siapapun bisa tertular Covid-19 apabila menghirup droplet atau menyentuh barang yang terkena virus. Inilah pentingnya menerapkan physical distancing dan menjaga kebersihan diri. Tidak hanya melindungi kesehatan diri sendiri, kamu juga akan turut melindungi kesehatan orang-orang di sekitar kamu. Kamu bisa tetap sehat selama pandemi dengan menjalankan 5M, yaitu:

  • Menjaga jarak,
  • Menggunakan masker, serta
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin
  • Menghindari kerumunan
  • Mengurangi mobilitas

Penderita diabetes perlu melakukan hal di atas sebagai garda melindungi diri di tengah pandemi Covid-19, sehingga dapat menekan risiko tertular yang berakibat pada risiko komplikasi hingga meninggal.

2. Makan makanan sehat

Catat apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu konsumsi. Perbanyak makan sayur dan buah, serta ikuti pula porsi makan yang sudah kamu konsultasikan dengan dokter. Jika kamu seorang diabetesi, atau hidup dengan kerabat diabetesi, coba sediakan camilan yang lebih sehat (buah-buahan dan sayuran).

Apabila kamu penggemar kue kering atau camilan manis, pilih kue yang bebas gula dan pilih yang hanya mengandung 100 kalori per saji. Hal ini bertujuan agar gula darah penderita diabetes tetap aman dan risiko gejala dan komplikasi dari komorbid Covid-19 yang lebih parah dan risiko meninggal bisa dihindari.

3. Beraktivitas fisik dan berolahraga

Aktivitas fisik amat penting dalam pengelolaan diabetes. Coba lakukan aktivitas ringan seperti senam, yoga, atau beres-beres rumah setidaknya 30 menit sehari. Olahraga dilakukan 3-5 kali/minggu. Jika aktivitas tertentu membuat badan kamu tidak enak, gantilah dengan yang lebih ringan.

4. Mencegah penularan penyakit

Tetaplah di rumah dan hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Jika harus keluar rumah, kenakan masker dan jaga jarak aman dari orang lain. Biasakan mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer bila tidak tersedia. Penyakit diabetes berdampak pada tiap sistem dalam tubuh. Jika tidak dikelola dengan baik, penderitanya dapat mengalami komplikasi seperti penyakit jantung, gagal ginjal, hingga kerusakan saraf.

Komplikasi ini membuat dampak dari komorbid Covid-19 kian parah sehingga meningkatkan risiko penderita diabetes meninggal dunia. Kamu dapat mengantisipasinya dengan mengontrol gula darah, meminum obat secara teratur, dan melakukan pencegahan.

Jika kamu adalah seorang diabetesi yang dinyatakan positif Covid-19, jangan patah semangat! Kesempatan untuk hidup lebih sehat tentu masih ada. Risiko keparahan Covid-19 di kalangan diabetesi dapat diminimalkan jika kamu mengelola diabetes dengan baik. Tetap jalankan pola diet sehat, mengontrol gula darah, serta konsumsi obat pemulihan Covid-19 yang diresepkan dokter.

5. Mengonsumsi suplemen tambahan

Jika kamu penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi suplemen tambahan agar membantu kamu mengontrol kadar gula darah. Natural Farm punya rekomendasi suplemen yang terbaik, yaitu dari Natural Factors WellbetX Complete Diabetic.

Keunggulan Natural Factors WellbetX Complete Diabetic:

  • Cocok untuk pasien diabetes
  • Formula lengkap kombinasi vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
  • Kandungan antioksidan kuat seperti vitamin A, C, D, dan E, serta mineral Selenium dan Zinc diperlukan pasien diabetes untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengandung ekstrak tumbuhan yang memiliki aktivitas antioksidan dan membantu menurunkan kadar gula darah
  • Membantu menjaga kesehatan tubuh
  • Mendukung metabolisme glukosa yang sehat
  • Membantu meningkatkan energi dan stamina
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit & infeksi
  • Membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, ginjal, dan mata pada penderita diabetes

Yuk, jaga cegah penularan covid-19 dari sekarang agar risiko dari komorbid covid atau penyakit lainnya tidak datang. Jangan lupa untuk pantengin terus artikel lainnya yang ada di website Natural Farm dan follow Instagram Natural Farm (@naturalfarm.id) untuk tahu info menarik lainnya. Happy Healthy Habits!

 

Sumber:

https://primayahospital.com/covid-19/menderita-diabetes-dan-covid-19/