Health

Fakta Menarik Tentang Gigi Bungsu yang Perlu Kamu Ketahui

Meski semua orang memiliki gigi bungsu, tetapi jarang ada yang memperhatikan. Gigi geraham terakhir yang berada di paling belakang ini disebut gigi bungsu. Umumnya, gigi bungsu tumbuh di usia remaja atau dewasa, yaitu antara usia 17-25 tahun. Pasalnya, gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh sering menimbulkan masalah, salah satunya muncul rasa sakit serta nyeri yang luar biasa. Yuk, kepoin fakta menarik tentang gigi bungsu! 

Gigi yang keluar paling akhir ini, biasanya tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh atau keluar dari gigi. Sehingga menimbulkan impaksi, yaitu gigi bungsu tidak tumbuh atau keluar dengan sempurna. Hal ini menyebabkan, gigi itu hanya keluar sebagian atau tidak keluar sama sekali. Keadaan ini bisa meningkatkan risiko sakit gigi dan sakit gusi. Ada beberapa fakta menarik tentang gigi bungsu, sebagai berikut:

Apa itu gigi bungsu? 

Dokter spesialis ortodontis di Difa OHC, drg. Adianti menyebutkan, geraham bungsu adalah gigi geraham yang tumbuhnya paling akhir. Kondisi ini disebut wisdom tooth, gigi bungsu biasanya keluar di usia 18 tahun ke atas, di mana seseorang harusnya sudah lebih bijak. Seperti gigi lain yang akan tumbuh, tentu ada rasa tidak nyaman atau nyeri bagi sebagian orang. Lokasi tumbuhnya, gigi bungsu atau gigi geraham ketiga tumbuh di kedua sisi mulut, bagian rahang atas serta rahang bawah. Biasanya gigi ini tumbuh pada orang dewasa hingga berusia 21 tahun atau lebih. 

Ciri-ciri tumbuh gigi geraham bungsu

Mengutip dari situs Rocky Mountain Periodontal, ada beberapa gejala atau ciri-ciri saat gigi geraham bungsu akan tumbuh, antara lain:

  • Iritasi pada gusi serta pembengkakan pada gusi di area belakang gigi geraham kedua. 
  • Sakit dan nyeri. Pertumbuhan gigi bungsu mengakibatkan nyeri tumpul di dekat bagian belakang rahang yang bagi sebagian orang bisa menjadi sakit yang lebih parah. 
  • Nyeri di area lain karena gigi bungsu biasanya memberikan tekanan pada saraf dan menyebabkan rasa sakit di sekitar rahang, telinga, dan mata. 
  • Gusi yang terletak di atas gigi bungsu sebelum tumbuh, bisa menjadi merah saat gigi mulai tumbuh. 
  • Bintik putih kecil akan muncul di belakang gigi geraham kedua. Bintik ini merupakan ujung dari gigi baru yang menembus gusi. 

Hal yang harus diperhatikan

Tumbuhnya gigi bungsu menyebabkan rasa nyeri ringan serta gejala umum yang telah disebutkan di atas, tetapi perlu diwaspadai juga munculnya gejala lain yang membutuhkan pemeriksaan dokter. Salah satunya gusi berdarah yang memerlukan evaluasi dokter, terlebih jika dibarengi rasa nyeri di rahang serta pembengkakan gusi yang nyata. 

Pengobatan yang bisa dilakukan saat gigi bungsu tumbuh

Pertumbuhan gigi bungsu menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu, eits tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada treatment untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Perlu diketahui pula, juga geraham bungsu belum tumbuh sempurna sehingga ada bagian gusi yang terbuka, maka berpotensi ada sisa makanan yang masuk dan tersangkut di sana. Hal tersebut bisa membuat gusi meradang dan bengkak. Sehingga kamu perlu mengonsultasikannya dengan dokter untuk mendapatkan resep obat yang sesuai. 

Nah, itulah gigi bungsu yang ternyata tumbuh paling akhir di deretan gigi lainnya terlebih saat usia kita sudah menginjak dewasa. Hal ini menjadi aneh karena banyak orang yang belum mengetahuinya dan menganggap jika gigi susu sudah digantikan oleh gigi tetap di usia anak-anak dulu. Sehingga pertumbuhan gigi ini menjadi masalah dan pertanyaan untuk sebagian orang. Eits, jika kami membutuhkan berbagai obat cek ke Natural Farm, nih!