Health

5 Manfaat Scaling Gigi untuk Kesehatan

Pasti tak asing lagi dengan istilah scaling gigi, yaitu prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang di gigi. Plak sendiri terbentuk dari bakteri serta sisa makanan dalam mulut yang apabila dibiarkan akan mengeras dan membentuk karang gigi. Dalam hal ini, manfaat scaling gigi tak hanya membersihkan gigi dari plak dan karang, lho! 

Plak serta karang gigi ini merupakan sarangnya jutaan bakteri, jika dibiarkan tanpa dibiarkan secara rutin akan menyebabkan penyakit. Namun, apabila keduanya sudah mengeras akan sulit dihilangkan dengan penyikatan biasa. Oleh karena itu, dibutuhkan tindakan serta alat khusus dengan prosedur scaling gigi. Apa saja sih manfaat scaling gigi? 

Membersihkan plak dan karang gigi

Scaling gigi dilakukan menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler. Alat ini menghasilkan getaran yang bisa menghancurkan serta merontokkan karang di sela-sela gigi sampai bagian terdalamnya. Selain itu, alat ini juga bisa menyapu karang gigi di garis gusi dengan bulu sikat gigi. Karang gigi sendiri sulit dibersihkan karena tidak mudah dijangkau dan dibersihkan dengan menyikat gigi. 

Mengatasi Berbagai Masalah Gigi

Karang gigi menjadi sarang jutaan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Ya, bakteri tersebut akan menimbulkan beragam masalah, diantaranya halitosis atau bau mulut.  Bau mulut ini diakibatkan dari bakteri jahat dalam mulut yang memunculkan gas sulfur atau belerang. Sehingga saat kamu membuka mulut atau membuang napas akan keluar bau menyengat. 

Tak hanya mengeluarkan gas yang mengganggu, bakteri juga mengeluarkan asam yang dapat membuat gigi berlubang. Tak heran jika adanya karang gigi dapat mengikir tulang penyangga gigi serta membuat gigi goyang bahkan bisa lepas. 

Mencegah radang gusi

Kondisi gusi meradang, bengkak, serta mudah berdarah atau biasa disebut Gingivitis. Jika karang gigi dibiarkan secara terus menerus bisa mengeras dan mengakibatkan gingivitis serta karies gigi. Oleh karena itu, penting merawat gigi dengan melakukan scaling gigi. 

Periodontitis

Tak jauh dari gingivitis, jika penyakit tersebut dibiarkan maka akan menjadi lebih parah, yaitu periodontitis. Periodontitis menimbulkan kantong yang memisahkan antara gigi dan gusi. Saat kantong tersebut dipenuhi bakteri, sistem imunitas tubuh akan melepaskan zat kimia untuk melawan bakteri itu. 

Namun, reaksi kimia yang dikeluarkan tubuh dengan bakteri bisa merusak gigi. Akhirnya, menyebabkan gigi, gusi, serta rusaknya jaringan penyangga gusi. Untuk mengatasinya dibutuhkan pengobatan yang tepat, sebelum penyakit ini membuat gigi tanggal atau lepas. 

Mencegah penyakit jantung

Bakteri di dalam karang gigi bisa berkembang, lalu menginfeksi jaringan penopang gigi dan menjalar ke semua organ tubuh. Bahkan, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. 

Bakteri tersebut bisa masuk melalui aliran darah serta dapat menyebar ke organ lain termasuk jantung. Maka dari itu, kamu perlu melakukan scaling gigi yang menjadi salah satu cara terbaik untuk mengusir karang gigi sehingga bisa mencegah berbagai penyakit. 

Nah, demikianlah 5 manfaat scaling gigi yang perlu diketahui. Kamu harus mulai mempertimbangkan untuk melakukan scaling gigi saat gigi sudah menguning bahkan banyak karang gigi di sana. Noda kuning di gigi memang sangat mengganggu terlebih tidak mudah dihilangkan hanya disikat biasa. Pastinya kamu juga tak ingin mengalami sakit gigi yang lebih parah dari sakit hati. Jadi, rawatlah gigi agar tetap bersih dengan melakukan scaling gigi secara rutin. Eits, jangan lupa mampir ke Natural Farm, ada beberapa barang yang berguna untukmu!