Health

Hati-hati Dapat Merusak Kulit, Retinol Tidak Boleh Dicampur dengan Bahan-bahan Ini

By Erwin |

Baru-baru ini, retinol menjadi salah satu kandungan skincare favorit di kalangan anak-anak muda. Akan tetapi, kita tidak bisa sembarangan menggunakan retinol. Sebab, retinol tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan tertentu.

Perlu dipahami bahwa retinol memang salah satu bahan aktif yang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Manfaat tersebut yaitu mulai dari bisa meningkatkan produksi kolagen, meratakan warna kulit, sampai mencegah adanya tanda penuaan pada kulit wajah.

Namun sayangnya, bahan turunan dari retinoid dan juga vitamin A ini tidak dapat digunakan secara sembarangan. Dibutuhkan kehati-hatian supaya kulit tidak semakin rusak karena terkena iritasi. Kita juga harus memperhatikan kandungan skincare lain yang digunakan secara bersamaan dengan retinol.

Agar tidak salah pilih dan tetap bisa merasakan manfaat dari retinol secara maksimal, maka kita akan membahas terkait retinol tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan yang ada di bawah ini, antara lain:

Retinol Tidak Boleh Dicampur dengan Bahan-bahan Ini

Kira-kira retinol tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan apa saja ya? Yuk cari tau informasinya di sini:

1. AHA & BHA

Jadi, bahan pertama yang tidak boleh dicampur dengan retinol adalah bahan aktif AHA &BHA. Hal tersebut harus kita hindari karena kandungan asam pada AHA & BHA ini berguna untuk mengeksfoliasi kulit.

Jadi, apabila digunakan secara bersamaan dengan retinol, maka kulit kita akan berpotensi mengalami iritasi karena eksfoliasi dengan kandungan AHA & BHA dan juga akan membuat kulit terasa lebih kering.

Namun apabila kita masih ingin menggunakan AHA & BHA, itu artinya rutinitas skincare kita harus sedikit dimodifikasi. Dr. Debra Jaliman, yakni seorang Dermatolog asal New York merekomendasikan produk skincare yang mengandung acid atau asam di siang hari dan retinol pada malam hari saja.

2. Benzoyl Peroxide

Selain kandungan AHA & BHA, retinol tidak boleh dicampur dengan bahan benzoyl peroxide. Sebab, kandungan yang satu ini umumnya ada di produk skincare yang dibuat khusus untuk mengatasi jerawat. Dimana benzoyl peroxide ini dapat membantu mengatasi kulit yang berjerawat dengan level yang ringan sampai yang sedang.

Jadi, apabila kita mencampurkan bahan aktif ini dengan retinol, maka retinol tidak akan berfungsi secara maksimal. Hal itu terjadi karena retinol juga mengandung bahan aktif yang cocok digunakan untuk kulit yang berjerawat.

3. Vitamin C

Sesungguhnya, penggunaan vitamin C dan juga retinol tidak akan menimbulkan masalah pada kulit kita. Akan tetapi, para dermatolog merekomendasikan supaya kedua bahan ini tidak digunakan secara bersamaan. Sebab, campuran antara retinol dan vitamin C ini dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Demikian penjelasan mengenai retinol tidak boleh dicampur dengan 3 bahan skincare tertentu. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda yang sedang berjuang untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category