Health

Ini Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi, Wajib Anda Tahu!

By Admin |

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi, biasanya dokter akan meresepkan obat antihipertensi seperlu mengendalikan tekanan darah. Tentu mengonsumsi obat medis tidaklah cukup apalagi tanpa didukung gaya hidup sehat. Oleh karenanya setelah mengetahui menderita hipertensi kiranya tidak ada alasan menunda gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi buah yang bisa menurunkan darah tinggi berikut ini:

1. Semangka

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi pertama adalah semangka. Buah dengan kandungan air tinggi ini kaya akan kalium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C yang diyakini dapat membantu tekanan darah tetap normal. Selain itu, diketahui pula adanya kandungan L-Citrulline di dalam semangka yang berperan melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan hipertensi.

2. Anggur

Di dalam buah anggur diketahui terdapat kandungan polifenol yang membantu mengontrol tekanan darah. Polifenol tersebut juga dikenal sebagai antioksidan yang efektif memerangi radikal bebas. Jika dikonsumsi secara rutin, buah anggur dapat mencegah hipertensi dan sindrom metabolik.

3. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang membantu menyeimbangkan jumlah garam dalam tubuh. Karenanya mengkonsumsi pisang secara rutin dapat mengontrol tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat buah pisang penurun darah tinggi ini Anda bisa memakannya langsung atau mengolahnya dengan cara dipanggang atau dicampur ke dalam sereal.

4. Alpukat

Alpukat dikenal dengan buah yang kaya kandungan lemak baik. Selain itu, di dalam alpukat ternyata juga terkandung  vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Ada pula kandungan karotenoid yang membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Melon

Buah melon memiliki kandungan kalium tinggi yakni 12% dari angka kebutuhan harian. Melon juga termasuk buah rendah sodium yang membuatnya efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu saja, rutin mengkonsumsi melon nyatanya menyehatkan karena membantu memperbaiki sistem imun, memperbaiki kadar gula, melancarkan pencernaan, dan mencegah risiko dehidrasi.

6. Delima

Dari hasil penelitian diketahui mengonsumsi jus buah delima satu cangkir sehari selama 4 pekan efektif menurunkan hipertensi. Para peneliti memiliki hipotesis manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan kalium dan polifenol di dalam buah delima. 

7. Kiwi

Di dalam buah kiwi terkandung banyak nutrisi yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebut saja mulai dari kalium, folat, magnesium, kalsium, vitamin C, dan vitamin E. Dari hasil study didapati penderita hipertensi yang rutin mengkonsumsi 3 buah kiwi setiap harinya mendapati penurunan tekanan darah secara signifikan dan cepat.

Itulah beberapa macam buah yang bisa menurunkan darah tinggi. Tentu beberapa di antaranya atau mungkin semuanya termasuk buah favorit Anda, benarkah demikian? Buah-buahan di atas dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus, salad buah, atau lainnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category