Health

Rebusan Daun Apa yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

By Admin |

Rebusan daun apa yang bisa menurunkan darah tinggi? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, tahuhkan Anda seseorang dikatakan menderita hipertensi atau darah tinggi jika didapati tekanan darahnya menunjukkan angka 130/80 mmHg atau lebih. Darah tinggi tidak boleh dianggap sepele pasalnya hal ini berisiko membuat jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Tanpa penanganan tepat kondisi tersebut juga dapat membebani organ vital lain. 

Penderita hipertensi biasanya diresepkan mengonsumsi obat-obatan tertentu yang membantu menurunkan tekanan darah. Namun, selain obat medis ada pula tanaman herbal yang dapat dipilih sebagai pengobatan alternatif. Berikut ini beberapa rebusan daun penurun darah tinggi:

1. Daun Seledri

Rebusan daun apa yang bisa menurunkan darah tinggi? Pertama-tama ada daun seledri yang umumnya digunakan untuk memasak sayur. Siapa sangka jika dalam daun seledri terdapat kandungan Apigenin yang berfungsi sebagai beta bloker untuk memperlambat detak jantung dan menurunkan kekuatan kontraksinya. Fungsi itulah yang akan mengurangi tekanan darah dan mengurangi aliran darah yang terpompa. Di dalam seledri juga terdapat senyawa phthalide. Senyawa itulah yang membantu mengendurkan jaringan dinding pembuluh arteri sehingga hipertensi yang dialami akan menurun. Sementara kandungan lain seperti kalium dan magnesium berfungsi menjaga tekanan darah normal.

2. Daun Pegagan

Diketahui di dalam daun pegagan terdapat kandungan zat aktif asiatikosida. Zat aktif itulah yang berperan sebagai pelancar aliran pembuluh darah. Karenanya secara empiris daun pegagan digunakan untuk melancarkan aliran darah yang secara tidak langsung membantu menurunkan tekanan darah.

3. Daun Salam

Rebusan daun penurun darah tinggi selanjutnya bisa Anda buat menggunakan daun salam. Hal ini karena adanya senyawa aktif berupa flavonoid yang efektif menurunkan tekanan darah. 

Untuk membuatnya siapkan 7-15 lembar daun salam. Rebus daun salam yang sudah dicuci bersih ke dalam 3 gelas air, rebus hingga mendidih. Sesudahnya saring dan air rebusannya dapat langsung diminum selagi hangat.

4. Daun Meniran

Daun meniran memiliki kandungan kalium yang bermanfaat meningkatkan cairan intraseluler dengan cara menarik cairan ekstraseluler. Kondisi tersebut akan menyebabkan perubahan keseimbangan pompa natrium kalium yang akhirnya membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Daun Pandan

Selain memberi warna hijau alami, daun pandan ternyata dapat diolah menjadi minuman penurun hipertensi. Hal ini karena adanya zat besi, vitamin A, dan mineral lain di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun pandan yang sudah dibersihkan secara rutin di pagi dan sore hari.

Kini Anda sudah mengetahui rebusan daun apa yang bisa menurunkan darah tinggi bukan? Selain rutin meminum rebusan daun dianjurkan pula memulai gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, mengontrol pola makan, memperbanyak konsumsi makanan berkalium, dan mengelola stress. Sekian ulasan kali ini dan semoga Anda selalu sehat. 

Share

Trending Article

Rahasia Kulit Bersih: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi? Serta, Apa Saja Penyebabnya?

Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Tanpa Rasa Gatal dan Sakit

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Emosi Sedang Memuncak

Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan: Penjelasan dan Tips Mudah

Article Category