Health

Ini Dia 7 Cara Mengatasi Darah Rendah Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Darah rendah merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang berada di bawah batas normal. Seseorang dikategorikan mengalami darah rendah jika hasil pengukuran tekanan darah berada pada 90/60 mmHg atau di bawahnya. Bagi yang sedang mengalami darah rendah, Anda perlu segera mengatasinya karena kondisi ini sangat tidak nyaman di mana tubuh terasa lemas dan kadang juga diiringi dengan sensasi pandangan kabur atau berkunang-kunang. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi darah rendah yang dapat dilakukan.

Minum Cukup Air Putih

Cobalah untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup yaitu sekitar 8 gelas per hari. Pasalnya darah rendah sering terjadi ketika seseorang mengalami dehidrasi. Untuk itu salah satu cara mengatasi darah rendah yang paling mudah adalah mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Mengonsumsi Makanan atau Minuman Manis

Selain karena dehidrasi, darah rendah umumnya juga disebabkan karena kadar gula yang rendah.Jadi Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula misalnya minum teh manis atau makan kue.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Garam

Ketika mengalami darah rendah, upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan tekanan darah tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi sodium. Garam mengandung sodium yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Pastikan untuk mengkonsumsi garam secukupnya agar tidak menyebabkan darah tinggi.

Mengkonsumsi Sayur Bayam

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi darah rendah adalah mengonsumsi sayur bayam. Sayur bayam mengandung folat, kalium, dan vitamin E yang dapat melancarkan peredaran darah serta mendukung proses pembentukan sel darah merah sehingga efektif meningkatkan tekanan darah kembali normal.

Minum Kopi

Selain minum dan makan makanan yang mengandung gula, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Ketika Anda mengalami tekanan darah rendah, cobalah untuk minum segelas kopi atau teh untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Susu Almond

Bagi yang tidak suka kopi atau teh, alternatif minuman lainnya yang dapat membantu mengatasi darah rendah adalah susu almond. Susu almond dapat membantu mencegah tekanan darah turun. Selain membantu menstabilkan tekanan darah, minuman ini juga menyehatkan karena tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Susu almond justru kaya akan omega 3 yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Duduk Bersila 

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan duduk bersila. Duduk bersila akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Jadi jika tiba-tiba Anda merasakan gejala tekanan darah rendah, Anda dapat segera duduk bersila.

Demikian beberapa cara mengatasi darah rendah yang dapat dilakukan sendiri. Cara tersebut menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin mengonsumsi obat-obatan ketika mengalami darah rendah. Selamat mencoba!