Health

Terhindar dari Berbagai Penyakit: Berikut Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Supaya tidak mudah terserang virus ataupun penyakit, kita perlu mengetahui cara meningkatkan imun tubuh. Dimana sistem imunitas tubuh merupakan sekelompok sel yang ada di dalam tubuh, protein, serta organ khusus yang bekerjasama untuk melawan berbagai macam hal yang dapat membahayakan tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri.

Imunitas tubuh ini dapat ditingkatkan dengan cara yang beragam. Beberapa diantaranya cukup mudah untuk dilakukan. Sehingga Anda dapat melakukannya setiap hari. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan imun tubuh yang dapat Anda terapkan di rumah, antara lain:

1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang sebenarnya sangat mudah dilakukan. Ketika tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan kemudian membentuk sistem imun secara alami. Sehingga imun tubuh dapat ditingkatkan dengan maksimal. Orang dewasa, normalnya mempunyai jam tidur antara 7 hingga 8 jam. Sementara untuk anak-anak, umumnya 10 hingga 12 jam per harinya.

2. Olahraga Secara Rutin

Olahraga sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh. Dimana kegiatan olahraga yang dilakukan tidak harus berat, Anda hanya perlu melakukan olahraga ringan sampai sedang. Namun hal itu dilakukan setiap hari selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Hal tersebut telah diperkuat dalam jurnal Exercise and the Regulation of Immune Functions yang menjelaskan jika olahraga sedang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh asalkan dilakukan secara rutin.

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon yang dapat membantu tubuh dalam meredakan stres dan menguatkan otot yang ada di dalam tubuh. Olahraga sedang yang dapat Anda lakukan antara lain bersepeda, berenang, jogging, dan juga lompat tali.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup bisa menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Tubuh yang terhidrasi ternyata dapat membuat kita tidak mudah terserang penyakit. Sebenarnya, hidrasi ini tidak sepenuhnya dapat melindungi Anda dari virus atau bakteri, namun dapat menjaga metabolisme tubuh agar tetap baik.

4. Menjaga Pola Makan yang Baik

Pola makan harus tetap dijaga apabila Anda ingin imunitas tubuh meningkat. Makan tiga kali sehari dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji. Sebab, makanan tersebut mengandung banyak karbohidrat, gula, dan lemak yang tidak baik untuk tubuh. Sebaiknya, makanlah buah dan sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan yang kaya akan vitamin. 

5. Konsumsi Suplemen

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan makan secara teratur, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Orang-orang yang mempunyai imun rendah sangat memerlukan suplemen agar daya tahan tubuhnya semakin kuat. Suplemen yang dibutuhkan antara lain vitamin C, D, zinc, dan juga elderberry.

Demikian penjelasan mengenai cara meningkatkan imun tubuh yang dapat Anda lakukan di rumah. Selain melakukan beberapa cara di atas, Anda juga perlu selalu menjaga kondisi badan ya.